by

Tips Memilih Meja Makan

Meja makan adalah suatu komponen yang cukup penting di dalam rumah. Maka dari itu, dengan pemilihan meja makan yang tepat bisa menjadikan ruang makan di rumah anda semakin sempurna. Salah satu meja makan yang bisa memberikan tampilan modern di rumah anda adalah yang didesain dengan kaki meja makan besi.

Sebelum memilih meja makan, ada baiknya anda menentukan tema sesuai keinginan anda terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa memilih meja makan yang tepat. Bagi anda yang bingung memilih meja makan terbaik, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih Meja Makan

  1. Ukuran

Pastikan anda melihat ukuran ruangan terlebih dahulu sebelum anda memilih meja makan. Dengan demikian, meja makan yang anda pilih bisa pas ditaruh di dalam ruangan. Usahakan untuk tidak memilih ukuran meja makan yang terlalu besar agar tidak mempersempit ruangan atau menghalangi jalan.

  1. Bentuk

Umumnya, terdapat 4 bentuk meja makan yakni persegi panjang, persegi, oval dan lingkaran. Masing-masing bentuk tersebut didesain dengan kaki meja makan besi maupun material lain yang mempunyai daya tarik tersendiri.

  1. Material

Pemilihan bahan menjadi keputusan yang cukup sulit. Hal ini karena anda perlu mempertimbangkan harga, biaya perawatan serta kecocokan material. Banyak bahan yang dapat anda pilih misalnya dari batu, kaca dan kayu.

Selain itu, untuk kaki meja makan pun juga beragam. Akan tetapi, umumnya meja makan yang terbuat dari kaca akan didesain dengan kaki meja makan besi. Pastikan anda juga memperhatikan interior di sekitar ruangan untuk memutuskan jenis material meja makan yang tepat untuk anda pilih.

  1. Warna

Warna adalah pilar pondasi bagi kesempurnaan sebuah ruangan. Bukan hanya untuk ruang makan saja namun juga untuk seluruh ruangan yang ada di rumah. Adapun untuk meja makan sendiri, anda dapat memakai pemilihan warna yang netral misalnya abu-abu, putih atau hitam.

Selain itu, anda juga bisa memilih warna yang lebih berbeda dan menarik. Pastikan anda tidak memakai warna yang sama dengan warna cat tembok maupun benda-benda yang lain berkali-kali agar tidak terkesan membosankan.

  1. Kaki meja

Sebagaimana yang sudah disinggung dalam penjelasan di atas, bahwa kaki meja juga didesain dengan material yang beragam salah satunya kaki meja makan besi. Fungsi kaki meja sendiri juga sangat penting serta harus diperhatikan saat anda memilih meja makan sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, anda dapat memilih kaki meja makan besi yang umumnya berjumlah 4 pada masing-masing sudut. Selain itu, ada pula desain kaki meja makan besi yang hanya berada di bagian tengah saja untuk fleksibilitas. Disamping itu, anda juga perlu memperhatikan ketinggian meja makan sebelum membelinya dengan cara cek terlebih dahulu apakah sudah pas dan nyaman atau tidak.

  1. Desain

Usahakan untuk memilih desain meja makan yang sesuai dengan berbagai desain lain yang ada disekitarnya misalnya furnitur maupun tembok. Jangan sampai meja makan yang anda pilih memiliki desain yang bertolak belakang dengan desain interior yang ada disekitarnya.

Jika interior sekitar rumah anda memiliki desain yang sederhana maka anda tidak perlu memakai berbagai macam warna. Sebagai rekomendasi, anda bisa memilih desain minimalis untuk melengkapi ruang makan anda. Namun apabila interior ruangan anda didesain seperti zaman dahulu, maka anda bisa memilih meja makan yang sesuai dengan abad pertengahan.

Demikian beberapa tips memilih meja makan yang sebaiknya anda perhatikan. Dalam memilih meja makan yang tepat banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari desain, ukuran, material dan kaki meja makan besi yang dianggap lebih stylish dan modern untuk rumah masa kini.

News Feed