by

5 Tanda Kehamilan yang Dapat Dilihat Dari Perubahan Fisik

Masa kehamilan normalnya akan berlangsung selama 38 minggu hingga 40 minggu. Pada masa kehamilan ini tentu saja akan terjadi banyak perubahan pada tubuh ibu hamil. Baik perubahan dari dalam tubuhnya seperti perubahan kadar hormon di dalam tubuh serta perubahan yang terjadi pada fisik ibu hamil.

Perubahan kadar hormon dapat dirasakan dari awal mulainya masa kehamilan yang mana hal ini akan berpengaruh pada perubahan fisik ibu hamil dari mulai awal kehamilan.

Simak 5 ciri ciri orang hamil dari raut wajah dan perubahan fisiknya.

  1. Perubahan Raut Wajah

Tanda yang pertama terlihat adalah adanya perubahan pada raut wajah. Perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil sedikit banyak akan berimbas pada perubahan di bagian wajah.

Perubahan yang dialami seperti :

  • Pregnancy glow, wajah yang terlihat cerah karena adanya peningkatan volume dan sirkulasi darah pada bagian wajah.
  • Melasma, flek hitam yang muncul pada wajah biasanya akan hilang setelah masa kehamilan selesai.
  • Munculnya jerawat, perubahan hormon memberikan efek pada peningkatan kadar minyak pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Spider veins, pembuluh darah yang terlihat kemerahan pada bagian wajah, leher hingga dada.
  • Kulit wajah memerah, sirkulasi darah yang meningkat menjadikan wajah terlihat lebih memerah
  1. Perubahan pada Payudara

Pada masa kehamilan, perubahan kadar hormon pada tubuh dapat menyebabkan perubahan pada payudara. Dimana payudara akan lebih terasa bengkak dan penuh serta menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Puting yang membesar dan kulit pada sekitar aerola menjadi lebih gelap.

Perubahan pada payudara ini juga menjadi tanda bahwa tubuh mempersiapkan untuk menyusui si kecil setelah melahirkan nantinya.

  1. Perubahan pada Rambut

Peningkatan kadar hormon esterogen pada masa kehamilan menyebabkan pertumbuhan pada rambut menjadi lebih sehat. Dimana rambut akan menjadi lebih tebal dan terlihat lebih sehat.

Namun, ketika masa kehamilan berakhir setelah melahirkan dan kadar hormon esterogen kembali berkurang maka rambut dapat kembali menjadi rontok.

  1. Pembengkakan pada Tangan dan Kaki

Pada ibu hamil terkadang akan mengalami yang namanya pembengkakana pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian tangan dan kaki bahkan dapat terjadi pembengkakan pada bagian wajah.

Pembengkakan pada bagian tubuh ibu hamil ini disebabkan karena adanya peningkatan cairan di dalam tubuh. Untuk mengatasi pembengkakan pada bagian tubuh ini dapat dilakukan dengan mengompres bagian yang bengkak dengan menggunakan air dingin serta mengurangi konsumsi garam pada makanan yang dikonsumsi.

  1. Suhu Tubuh yang Berubah

Perubaan fisik selanjutnya yang mungkin akan dirasakan ketika masa kehamilan adalah adanya perubahan pada suhu tubuh. Suhu tubuh akan terasa lebih hangat dibandingkan biasanya yang terkadang menjadi demam. Pada masa awal kehamilan, peningkatan suhu tubuh ini banyak disalah artikan seperti masuk angin biasa karena memiliki gejala yang sama seperti flu.

Selain itu juga akan menjadi tubuh akan lebih banyak berkeringat. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan metabolisme di dalam tubuh.

News Feed