by

Tips Liburan Murah ke Bali

Pulau Bali masih menjadi salah satu destinasi idaman bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki nilai budaya yang kental dan unik, Pulau Dewata juga menyajikan berbagai destinasi wisata dari mulai hamparan pantai hingga pegunungan tinggi yang menyejukkan. Banyak orang berpikir berlibur ke Bali akan memerlukan biaya yang cukup besar, namun jangan salah, ada banyak cara untuk bisa menikmati wisata di Bali dengan biaya yang sangat murah dan terjangkau. Ingin tahu caranya? Yuk simak tips-tips berikut ini:

1. Hindari libur panjang

Libur panjang merupakan momen dimana jumlah turis di Bali membludak. Turis ini datang baik dari dalam maupun luar negeri. Membludaknya jumlah turis mengakibatkan naiknya harga pesawat, hotel, wisata, dan tempat hiburan di Bali hingga berkali-kali lipat. Selain itu, pada saat libur panjang tidak jarang jalanan di daerah wisata Bali akan penuh sesak dengan kemacetan, kamu tentu tidak ingin liburanmu kacau hanya karena terjebak macet berjam-jam bukan? Oleh karena itu, usahakan pilih hari kerja ataupun bulan-bulan yang sepi pengunjung seperti Februari-April dan September-Oktober untuk bisa menikmati liburan dengan lebih murah.

2. Menyewa kendaraan di Bali

Apabila kamu berencana untuk menikmati berbagai wisata Bali yang jaraknya cukup berjauhan, usahakan untuk menyewa kendaraan bermotor di dekat hotel. Hal ini dikarenakan masih banyaknya daerah di Bali yang belum terjangkau oleh ojek online, selain itu biaya penyewaan motor di Bali juga relatif murah yaitu berkisar di harga 50.000 – 75.000 rupiah untuk setiap harinya. Harga ini akan turun jauh apabila kamu menyewa secara mingguan atau bulanan. Disamping itu, susahnya mencari lahan parkir mobil di Bali membuat opsi kendaraan bermotor menjadi pilihan yang pas untuk menemahi kunjunganmu di pulau eksotis ini.

3. Hindari kuliner yang tengah hits

Tidak sedikit orang yang berpikir harga kuliner di Bali sangat mahal, tapi itu salah. Justru rata-rata harga makanan di Bali sangat murah apabila dibandingkan dengan kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner lokal dengan kisaran harga mulai dari 5.000 – 15.000 rupiah untuk satu porsi besar.

4. Banyak opsi kuliner halal yang murah

Jangan takut untuk mencoba mengeksplorasi kuliner halal di Bali, karena jenis kuliner ini justru sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang relatif murah. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas Jawa, khas Sumatera, hingga kreasi kuliner Bali yang telah diubah menjadi makanan halal serta vegan di berbagai daerah wisata seperti Seminyak, Canggu, hingga Ubud. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan bermacam-macam kuliner halal di kawasan Seminyak dengan rentan harga berkisar di antara 5.000-20.000 rupiah untuk satu kali makan.

5. Memilih hotel kapsul atau guesthouse asrama

Di Bali, terdapat banyak pilihan penginapan murah yang dibanderol dengan harga kurang dari 100.000 rupiah untuk setiap malamnya. Jenis penginapan ini biasanya berbentuk seperti hotel kapsul kecil yang dapat kamu pakai untuk satu orang saja atau guesthouse asrama dimana satu ruangan besar diisi oleh berbagai tamu. Kedua pilihan penginapan ini memiliki kesamaan yaitu fasilitas pribadi yang minimalis serta sistem kamar mandi bersama. Tidak jarang jenis penginapan ini akan memberikan loker pribadi bagi setiap tamu untuk menyimpan barang pribadinya secara aman. Hal yang menarik dari dua jenis penginapan ini adalah seringnya terdapat fasilitas hiburan yang dapat dinikmati bersama seperti kolam renang, area komunal, serta ruang makan bersama yang mempermudah kita untuk berkenalan dengan sesama tamu.

Ini adalah lima tips terbaik untuk membuat liburanmu ke Bali menjadi lebih ramah di kantong namun tidak kalah menarik. Tunggu apa lagi, yuk buruan cek info liburan terkini di Bali dan booking liburan kamu sekarang juga.