5 Festival Thailand yang Berkaitan dengan Spiritual

Bisnis, Traveling12 views

Seperti halnya negara Asia Tenggara lainnya, Thailand juga memiliki beberapa festival acara yang berkaitan dengan hal spiritual, berikut adalah beberapa contohnya:

1. Festival Visakha Puja

Festival Visakha Puja merupakan sebuah festival yang memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Siddhartha Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, serta kematiannya. Festival ini umumnya diadakan pada sekitaran bulan Mei ataupun Juni. Umat Buddha di Thailand umumnya berangkat ke kuil untuk berdoa, membagikan persembahan, dan mendengarkan ceramah Dharma. 

2. Festival Asalha Puja

Festival Asalha Puja adalah festival yang memeringati khotbah awal Buddha Siddhartha Gautama yang disampaikan kepada lima murid pertamanya. Festival ini umumnya diadakan pada sekitaran bulan Juli. Umat Buddha di Thailand biasanya pergi ke vihara untuk berdoa, memberikan persembahan, dan mendengarkan ceramah dari biksu. 

3. Festival Kathin

Festival Kathin adalah festival yang diadakan untuk mempersembahkan jubah baru kepada para bhikkhu. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Oktober. Umat Buddha di Thailand biasanya mengumpulkan dana untuk membeli kain jubah dan kemudian mereka pergi ke kuil untuk mempersembahkan jubah tersebut kepada para bhikkhu. 

4. Festival Songkran

Festival Songkran adalah festival Tahun Baru Thailand yang biasanya diadakan pada bulan April. Festival ini dirayakan dengan saling menyiramkan air sebagai simbol pembersihan dan pemurnian. Festival ini juga memiliki makna spiritual, yaitu untuk menyambut tahun baru dengan hati yang bersih dan penuh dengan harapan. 

5. Festival Loy Krathong

Festival Loy Krathong adalah festival yang diadakan untuk menghormati Dewi Gangga. Festival ini biasanya diadakan pada bulan November. Umat Buddha di Thailand biasanya membuat krathong, yaitu perahu kecil yang terbuat dari daun pisang dan dihiasi dengan bunga, lilin, dan dupa. Mereka kemudian menghanyutkan krathong tersebut ke sungai atau danau sebagai simbol untuk melepaskan dosa dan kesedihan. 

Selain 5 festival di atas, masih banyak festival lainnya di Thailand yang berbau spiritual. Festival-festival ini merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Thailand dan menjadi identitas mereka sebagai bangsa.
Sumber: Uncle Chow Amulet