by

6 Tips Memilih Penginapan di Kawasan Malioboro

Malioboro adalah kawasan wisata yang sangat terkenal di Yogyakarta. Ada beberapa objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan di sekitar kawasan ini, yaitu Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo, dan Taman Pintar. Suasana di sepanjang Jalan Malioboro, terutama pada sore hingga malam hari, pun sangat eksotis. Selain berwisata kuliner, pengunjung dapat berbelanja aneka oleh-oleh khas Kota Pelajar.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana Malioboro dengan tenang dan nyaman, sebaiknya carilah penginapan yang juga berada di kawasan ini. Ada banyak hotel di Malioboro yang bisa dipilih sebagai tempat menginap. Karena jaraknya dekat, Anda bisa menjangkau berbagai tempat di sekitarnya dengan mudah. Nah, agar dapat memilih akomodasi yang tepat, simak terlebih dahulu beberapa tips berikut.

1. Tentukan bujet untuk akomodasi

Sebelum berlibur, Anda tentu telah mempersiapkan bujet liburan dalam jumlah tertentu. Bujet tersebut akan digunakan untuk membeli tiket transportasi ke tempat tujuan, membayar sewa kamar penginapan, membeli makanan atau berburu kuliner, serta untuk kebutuhan lain seperti oleh-oleh.

Supaya pengeluaran bisa diatur dengan baik, sangat penting untuk membagi bujet tersebut secara proporsional. Untuk membayar akomodasi misalnya, tetapkan rentang harga tertentu yang bisa dikeluarkan. Cara ini akan memudahkan Anda dalam memilih penginapan yang tepat dan sesuai bujet.

Di kawasan Malioboro, ada berbagai penginapan yang ditawarkan dengan tarif bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di Blibli, kemudian memilih penginapan berdasarkan tarif yang sesuai dengan kemampuan kantong.

2. Perhitungkan akses transportasi

Malioboro adalah kawasan yang berada di tengah kota. Anda bisa menjangkau berbagai tempat wisata dengan mudah jika menginap di daerah ini, terutama jika menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun jalan di sekitar Malioboro sering mengalami kepadatan pada akhir pekan, Anda bisa menyiasatinya dengan beraktivitas pada jam yang tidak sibuk.

Apabila mengandalkan transportasi umum, pastikan penginapan yang dipilih berjarak lebih dekat dengan halte bus. Jalan Malioboro setiap hari dilewati oleh bus Trans Jogja yang akan berhenti di beberapa titik. Dengan memperhatikan faktor ini, Anda pun bisa lebih menghemat waktu dalam perjalanan sekaligus mudah mengakses transportasi umum.

3. Cari informasi sebanyak mungkin

Setelah membandingkan harga dan lokasi penginapan, Anda mungkin telah mengantongi beberapa nama hotel yang diincar. Langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang hotel tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menelusuri informasi seputar hotel yang dipilih tersebut di internet. Jika beruntung, Anda akan memperoleh informasi dari orang-orang yang pernah menginap di tempat yang sama. Testimoni yang mereka sampaikan akan sangat membantu Anda mengetahui kondisi hotel sesungguhnya.

Cara kedua adalah mencari informasi di website resmi hotel yang dipilih. Pada website tersebut biasanya telah tercantum berbagai hal yang perlu diketahui oleh para tamu. Sebagai contoh, tidak semua hotel mengizinkan tamu membawa binatang peliharaan. Ada pula hotel yang tidak menyediakan fasilitas WiFi atau sarapan.

4. Hindari kebiasaan last minute booking

Tak sedikit wisatawan yang beranggapan bahwa kamar hotel akan terus tersedia sehingga menunda-nunda memesan penginapan. Faktanya, hal ini bergantung pada beberapa faktor, salah satunya masa liburan. Pada masa liburan, kamar penginapan biasanya lebih cepat terisi. Dengan last minute booking, Anda hanya akan mendapatkan kamar yang tersisa jika masih ada.

Sebaiknya, setelah yakin dengan hotel yang dipilih, segera lakukan pemesanan. Tidak perlu khawatir jika perjalanan wisata tidak jadi dilakukan, beberapa hotel menyediakan fasilitas refund sehingga uang bisa ditarik kembali. Tips ini juga akan membuat Anda lebih tenang karena tidak perlu melakukan perubahan rencana akibat masalah akomodasi.

5. Cari hotel yang menawarkan promo

Hotel sering menawarkan promo harga pada momen-momen tertentu. Jika berhasil memesan kamar dengan harga yang lebih miring, bujet yang harus dikeluarkan untuk biaya akomodasi pun bisa ditekan. Sisa dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya berburu kuliner khas Kota Yogyakarta atau membeli oleh-oleh.

Untuk mendapatkan promo, Anda harus mencarinya dengan jeli. Jangan lupa untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ada promo yang mewajibkan pemesan membayar dengan metode pembayaran tertentu. Ada juga promo yang tidak memperbolehkan refund. Pastikan Anda telah menyetujui dan memahami hal tersebut sebelum memesan kamar.

6. Pilih penginapan sesuai konsep liburan

Apakah Anda berlibur seorang diri atau solo traveling? Penginapan dengan model hostel lebih cocok sekaligus lebih murah. Ketika solo traveling, wisatawan biasanya lebih fleksibel dan tidak membutuhkan ruang kamar yang luas. Berbeda halnya jika berlibur bersama keluarga, faktor kenyamanan mesti diutamakan.

Begitu pula jika Anda ingin menikmati liburan dengan suasana lokal, ada beberapa vila atau guest house yang sesuai. Desain penginapan seperti rumah sendiri akan membuat pengalaman berlibur lebih menyenangkan. Namun, jika Anda ingin berlibur di pusat kota dengan fasilitas terlengkap, hotel-hotel kekinian akan memenuhi kebutuhan tersebut.

Jadi, inilah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih penginapan di kawasan Malioboro. Perlu diingat, penginapan yang nyaman merupakan salah satu faktor utama kelancaran agenda liburan. Nah, berbekal persiapan dan pertimbangan yang matang sebelum acara wisata, Anda pun bisa memesan hotel yang tepat.

News Feed