by

Tata Cara Membeli Tiket Pesawat Terbang Dengan Tepat

Aladiners sudah sering bepergian untuk liburan ataupun tujuan lainnya menggunakan kereta api, bus, dan kapal laut? Sudah saatnya gunakan pesawat terbang untuk mendapatkan pengalaman baru dalam tiap perjalanan Aladiners. Karena dengan menggunakan pesawat Terbang, waktu tempuh untuk ke destinasi yang Aladiners tuju pasti jauh lebih singkat dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Bila menggunakan kereta api membutuhkan beberapa belas jam untuk menuju Jawa Timur dari Jakarta, hanya dengan sekitar 2 jam saja Aladiners bisa menempuhnya bila menggunakan pesawat terbang. Selain itu juga, Aladiners bisa lebih mengirit tenaga dengan waktu tempuh yang singkat tersebut, tidak akan terlalu menghabiskan tenaga Aladiners untuk liburan pastinya.

Pada dasarnya, tiket pesawat terbang mahal karena membutuhkan bahan bakar yang pasti berbeda bahan serta harga seperti kendaraan lainnya. Ditambah juga dengan biaya pajak bandar udara yang memang harus disertakan dalam pembelian tiket pesawat terbang tersebut. Jadi, harga tiket pesawat terbang lebih mahal dibandingkan harga tiket kereta api itu wajar dan memang setimpal dengan apa yang Aladiners dapatkan, terlebih dalam urusan waktu tempuh yang jelas jauh berbeda.

Nah sekarang Mister mau kasih tau beberapa tata cara dalam membeli tiket pesawat terbang dengan tepat.

  • Mantapkan Tujuan

Sebelum Aladiners mencari dan membeli tiket pesawat terbang, pastikan Aladiners sudah mendapatkan destinasi dan tanggal yang tepat untuk liburan. Untuk pembelian tiket pesawat terbang, berbeda jauh dengan pemesanan tiket kereta api. Karena bila tiket kereta api bisa dibeli hanya 90 hari sebelum keberangkatan, tiket pesawat terbang dapat kamu beli 365 hari atau 1 tahun sebelum keberangkatan loh. Memang bila Aladiners berencana untuk liburan pada akhir tahun atau sebelum memasuki bulan ramadan, masih ada waktu juga untuk membatalkan bila memang keadaan tidak memungkinan. Namun resikonya adalah refund dari pembelian tersebut sering kali dikurangi dari biaya yang sudah ditentukan agen perjalanan atau maskapai terkait. Ditambah, bila memang Aladiners ingin melakukan perubahan jadwal, biasanya terkena biaya tambahan untuk melakukannya, apalagi perubahan rute dan dipastikan akan berbeda juga biayanya. Nah, padahal kan biaya tersebut seharusnya bisa dimasukan dalam anggaran liburan lainnya.

  • Tentukan dan Gunakan Satu Maskapai

Banyak wisatawan atau bahkan Aladiners yang sudah mempercayai satu maskapai untuk menemani perjalanan Aladiners. Entah mungkin ada pengalaman dari keluarga dan kerabat, atau juga dari berita yang menampilkan beberapa kecelakaan pesawat terbang dari satu maskapai yang sering terulang, sehingga membuat Aladiners tidak mempercayai maskapai pesawat terbang tersebut. Dengan begitu, Aladiners bisa mencoba mencari tiket pesawat terbang di situs resmi salah satu maskapai, kemudian Aladiners bandingkan dengan harga tiket di agen perjalanan online sehingga Aladiners bisa memilih mana tiket pesawat terbang yang termurah dengan maskapai yang Aladiners inginkan tentunya.

  • Periksa Tiket Untuk Pulang – Pergi

Aladiners bisa mencoba untuk membandinkan tiket pesawat terbang yang diinginkan dengan cara pembelian terpisah antara keberangkatan dan kepulangan secara terpisah, dengan pembelian tiket keberangkatan sekaligus kepulangan secara bersamaan. Karena biasanya akan ada perbedaan harga total keseluruhan dalam pembelian tiket pesawat terbang tersebut. Nah disini, sering didapati bahwa pembelian tiket pesawat terbang secara terpisah untuk keberangkatan dan kepulangan memiliki harga yang lebih murah. Maka dari itu, Aladiners lebih baik bandingkan terlebih dahulu sebelum pembelian agar tidak ada penyesalan setelah pembelian tiket pesawat terbang tersebut.

  • Liburan Saat Low Season Sangat Menyenangkan

Jangan terpengaruh dengan banyak promo untuk libur sekolah, libur tahun baru, libur lebaran, dan liburan masal lainnya yang membuat destinasi Aladiners jauh lebih ramai dari biasanya. Kenapa tidak liburan saat low season atau di hari-hari biasa saat orang lain melakukan rutinitasnya? Dengan begitu, Aladiners dapat ruang lebih saat liburan dan banyak spot foto yang bisa Aladiners ambil dengan keadaan sepi pengunjung atau masyarakat sekitarnya bukan. Karena itu, usahakan jadwal liburan Aladiners adalah saat low season ya.

  • Maksimalkan Penawaran Promo

Gunakan member dari maskapai pesawat terbang resmi, atau gunakan promo yang diberikan agen perjalanan online ataupun offline. Pada dasarnya, semua memberikan keuntungan seperti diskon, cashback, ataupun poin yang bisa ditukarkan dengan produk lainnya, atau bahkan tiket pesawat terbang lainnya. Jadi, tidak perlu ragu untuk memaksimalkan promo yang ditawarkan kepada Aladiners ya.

  • Gunakan Metode Pembayaran

Terakhir, pastikan gunakan metode pembayaran yang tepat. Bila memang saat Aladiners mencari tiket pesawat terbang untuk perjalanan liburan selanjutnya murah dibandingkan di saat lainnya, lebih baik langsung ambil kesempatan tersebut dan bila memang harus menggunakan metode pembayaran Paylater, tidak masalah karena semakin berkembangnya zaman, para agen perjalanan semakin mengurangi komisi untuk penggunaan metode pembayaran tersebut.

News Feed