by

Kenali 5 Tanda Hamil Kosong yang Perlu Para Ibu Ketahui

Awal mula terjadinya hamil kosong berawal seperti tanda kehamilan yang normal terjadi. Anda pasti akan merasa gejala-gejala hamil dan testpack menunjukan tpositif hamil, namun beberapa setelah beberapa minggu, Anda tidak merasakan gejala hamil tersebut dan dokter menyatakan Anda hamil kosong.

Hamil kosong merupakan suatu kondisi kehamilan yang tidak mengandung embrio, biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Agar Anda lebih memahami mengenai hamil kosong, berikut ini terdapat beberapa tanda-tanda yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Penyebab Hamil Kosong

Hamil kosong

Biasanya hamil kosong dapat terdeteksi dari pemeriksaan USG agar dapat melihat apakah kantong janin terisi dengan embrio yang berkembang atau tidak. Jika tidak terlihat embrio berkembang, maka dokter akan memberi tahu ibu mengenai kemungkinan hamil kosong.

Penyebab dari hamil kosong belum diketahui secara pasti, tetapi hamil kosong dapat terjadi dikarenakan kelainan kromosom saat pembuahan sel telur. Kelainan kromosom dapat disebabkan dari faktor genetik, kualitas sperma yang buruk, atau kualitas sel telur yang buruk.

2. Gejala Hamil Kosong

Hamil kosong

Dalam kehamilan normal, embrio akan berkembang dan berimplantasi ke dinding rahim, sedangkan pada kondisi hamil kosong, embrio tidak berkembang. Terkadang orang tidak sadar sedang mengalami hamil kosong, karena mereka akan berpikir sedang hamil normal yang diikuti dengan gejala dibawah ini:

  • Terlambat haid
  • Hasil tes kehamilan menunjukan positif
  • Terasa mual
  • Muntah-muntah
  • Payudara akan terasa nyeri dan keras

Setelah dinyatakan hamil, seseorang akan merasakan gejala-gejala keguguran, seperti:

  • Perut terasa nyeri dan kram
  • Munculnya flek atau perdarahan dari vagina
  • Jumlah darah yang keluar akan bertambah banyak

Perlu diketahui, biasanya hamil kosong dapat terjadi pada trimester pertama atau sekitar minggu ke 8 atau minggu ke 13 masa kehamilan.

3. Penganan Hamil Kosong

Hamil kosong

Setelah Anda memeriksa ke dokter dan Anda dinyatakan mengalami hamil kosong, dokter akan memberikan penanganan yang disesuaikan dengan kondisi kehamilan Anda. Sebelum melakukan ke penanganan lebih lanjut, dokter akan melakukan ultrasound berulang agar dapat memastikan tidak ada embrio yang terbentuk.

Jika sudah dipastikan tidak ada embrio yang terbentuk, maka akan dilakukan kuret atau mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim. Dengan begitu, dokter dapat melakukan analisis penyebab hamil kosong dan cara mengatasinya, jika ibu mengalami infeksi maka akan diobati, jika ibu mengalami permasalahan antibodi, maka akan dilakukan imunoterapi.

4. Rencana Kehamilan Berikutnya Pasca Hamil Kosong

Hamil kosong

Jika ibu ingin merencanakan kehamilan berikutnya setelah mengalami hamil kosong, disarankan sekitar 6 bulan setelah mengalami keguguran. Terdapat sebuah studi pada 30.000 wanita yang hamil kembali setelah 6 bulan pasca keguguran, memiliki kemungkinan kecil mengalami keguguran kembali.

Namun, kondisi emosional ibu yang paling penting, terkadang ibu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pulih dari trauma pasca hamil. Ibu bisa menenangkan diri terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan berikutnya.

5. Tips Menjaga Kesehatan Pasca Hamil Kosong

Hamil kosong

Berikut ini terdapat beberapa tips menjaga kesehatan setelah hamil kosong, yaitu:

  • Rutin dalam memeriksa kehamilan
  • Hindari kegiatan berat
  • Konsumsi makanan kaya akan vitamin c dan zat besi
  • Jika mengalami pendarahan yang berkepanjangan, segera konsultasi ke dokter
  • Jika merasa sangat emosional, konsultasikan ke psikolog

Sekian ulasan mengenai tanda hamil kosong yang perlu diketahui terutama bagi para calon ibu. Meskipun ibu pernah mengalami hamil kosong, ibu tetap bisa mendapatkan kehamilan normal dan sehat.

News Feed