by

Kecantikan Candi Borobudur yang Wajib Anda Kunjungi

Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia . Taman Arkeologi Borobudur disebut sebagai Warisan Dunia dan merupakan situs arkeologi Budha terbesar di dunia. Objek ini telah menarik banyak wisatawan karena memiliki konstruksi yang canggih, nilai sejarah yang tinggi, dan cerita yang luar biasa.

Bagaimana menuju ke sana

Ambil penerbangan ke Bandara Internasional di Yogyakarta. Dan kemudian, naik bus umum bernama TransJogja ke Terminal Giwangan atau Terminal Jombor. Temukan minibus dengan rute lurus Jogja-Borobudur. Minibus ini berangkat setiap jam dan akan membawa Anda langsung ke kuil.

Akomodasi

Ada banyak hotel di sekitar Borobudur dengan harga dan kualitas mulai. Jika Anda menginginkan sebuah resor mewah dengan pemandangan langsung ke Borobudur, menginaplah di Amanjiwo Hotel yang terletak sangat dekat dengan candi. Sebagian besar, wisatawan memilih untuk tinggal di Yogyakarta karena ada lebih banyak pilihan hotel dan objek wisata lainnya di sana. Hanya perlu satu jam atau kurang untuk pergi ke Borobudur dari Yogyakarta. Selain itu, ketika kamu turun dari bandara Adisucipto Joga, Anda bisa memesan taksi online bandara dan bisa melihat informasi taksi online bandara di Traveloka.

Sejarah

Tidak ada dokumen tertentu yang menyatakan kapan dan oleh siapa dokumen itu dibuat. Namun menurut estimasi oleh para ilmuwan dan arkeolog, sangat diyakini bahwa candi ini dibangun sekitar 8 th atau 9 th abad, di bawah urutan dinasti Syailendra.

Kuil itu diperkirakan akan ditinggalkan sekitar tahun 928 hingga 1006 karena alasan yang tidak diketahui. Seiring berlalunya waktu, kuil itu perlahan-lahan tertutup abu dan pohon-pohon mulai tumbuh di atasnya. Kuil itu ditemukan kembali pada 1814.

Kolonial Belanda ingin melakukan restorasi tidak lama setelah ditemukan. Tetapi karena Jepang mengambil alih, Perang Dunia II, dan Revolusi Indonesia, rencana itu tidak pernah berjalan dengan baik. Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah bekerja sama dengan UNESCO untuk melakukan restorasi total untuk kuil agung ini. Proyek ini dimulai tahun lalu dan butuh delapan tahun untuk menyelesaikannya.

Candi Borobudur sangat dipengaruhi oleh arsitektur India, Budha, dan Jawa. Jika dilihat dari atas, candi ini memiliki bentuk yang mirip dengan Mandala tantra, simbol Buddha yang mewakili kosmologi dan sifat pikiran. Perspektif candi memiliki struktur step pyramid dengan sembilan level. Level-level tersebut dikategorikan ke dalam tiga divisi; Kamadhatu, Arupadatu, dan Rupadatu.

Setiap divisi mewakili bidang kosmologi Buddhis. Level dasarnya adalah Kamadhatu yang mewakili dunia hasrat. Lima tingkat berikutnya mewakili Rupadhatu, dunia bentuk. Sementara itu, dari tingkat ketujuh ke puncak adalah Arupadathu yang mewakili dunia tanpa bentuk. Kamadhatu dan Arupadathu memiliki bentuk hampir persegi dalam tata letak. Tetapi Arupadhatu memiliki tata ruang melingkar karena mewakili dunia tanpa bentuk.

Museum

Masih di dalam kawasan Taman Arkeologi Borobudur, ada sebuah museum bernama Museum Karmawibhangga. Ini adalah museum arkeologi di mana sebagian besar koleksi berasal dari Borobudur. Ada artefak, batu yang dibongkar dan bagian stupa, panel dekoratif, dan banyak lagi. Dari museum, Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Borobudur.

Candi Borobudur yang megah bukan hanya tentang bangunan tua dengan aura suci. Ini juga menyimpan banyak cerita dan pelajaran luar biasa yang mungkin Anda nikmati, seperti yang dilakukan banyak wisatawan. Padahal, Borobudur adalah objek wisata tunggal paling banyak dikunjungi di Indonesia. Demikianlah Artikel tentang kecantikan candi borobudur yang wajib Anda kunjungi ssemoga bermanfaat.

News Feed