by

Hade Beauty Ampuh Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam atau freckles merupakan bintik-bintik berwarna gelap (coklat sampai hitam) yang biasa muncul pada wajah, leher, lengan, dada, dan punggung. Ini merupakan suatu kondisi dimana kulit mengalami hiperpigmentasi. Flek hitam muncul di wajah bukan karena alasan, dear. Ia bisa muncul akibat genetik dan paparan sinar matahari.

Yap, sinar matahari memang menjadi penyebab utama munculnya flek hitam. Terlebih jika kamu berada di bawah sinar matahari terlalu lama tanpa menggunakan pelindung kulit. Wah, selain wajah kusam, flek hitam juga akan menjadi masalah buatmu, dear. Tidak mau ‘kan kalau wajah cantikmu itu harus ternodai oleh flek hitam? So, here we go, kamu bisa lakukan tips ampuh di bawah ini untuk menghilangkan flek hitam pada wajah!

Gunakan Sunscreen atau Skincare yang Mengandung SPF

Cara pertama yang ampuh untuk mencegah dan membuat flek hitam tidak muncul lagi adalah dengan menggunakan sunscreen atau produk kecantikan yang mengandung SPF. Hal ini akan melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari atau UV. Kamu juga harus menggunakannya setiap saat ya, dear. Meskipun kamu hanya berada di dalam ruangan, atau pada saat cuaca sedang berawan dan mendung. Sinar UV akan tetap menembus jendela ruanganmu, jadi jangan sampai kamu melewatkan sunscreen.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam penggunaan sunscreen, yaitu:

  • Sunscreen harus memiliki kandungan SPF minimal 30 atau lebih.
  • Aplikasikan sunscreen minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  • Ulangi mengaplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali dan setelah berenang atau setelah mengeluarkan banyak keringat seperti olahraga.

Rekomendasi produk Hade Beauty yang bisa kamu gunakan: HADE Day Cream SPF.

Aplikasikan Skincare yang Mengandung Retinol

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah penggunaan retinol pada kulit cantikmu. Retinol adalah vitamin A yang kandungannya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah flek hitam. Berdasarkan review tahun 2014 mengenai Oral and Systemic Photoprotection, retinol memberikan efek fotoproteksi dengan cara kerjanya yaitu menyerap radiasi UVB. Hal ini dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan timbulnya flek hitam, dear. Selain itu, retinol juga bermanfaat sebagai anti-aging lho. Ia juga dapat meratakan warna kulitmu.

Tapi, kamu juga harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulitmu sebelum menggunakan retinol. Terlebih jika kulitmu sensitif. Perlu untuk diketahui, bahwa respon suatu bahan atau produk kecantikan dapat berbeda-beda pada setiap orang, meskipun dengan tipe kulit yang sama. Jadi, alangkah baiknya kamu melakukan konsultasi atau melakukan uji sampel terlebih dahulu dengan mencobanya di lengan atau leher di bawah telingamu.

Rekomendasi produk Hade Beauty yang bisa kamu gunakan: HADE Night Cream Brightening.

Gunakan Cream atau Serum Pencerah Kulit

Produk pencerah kulit biasanya terdapat pada cream atau serum. Biasanya kandungannya dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam lho, dear. Misalnya kandungan Alpha arbutin yang merupakan ekstrak dari tanaman bearberry. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pembentukan melanin dan aktivitas tirosinase pada kulit, sehingga menghambat munculnya flek hitam.

Bahan lainnya yang dapat mencerahkan wajah sekaligus ampuh untuk menghilangkan flek hitam adalah ekstrak buah pepaya. Kandungannya yang berperan dalam proses regenarasi sel kulit dapat memicu tumbuhnya kulit baru dan tentunya lebih sehat. Vitamin B3 (Niacinamide) juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit sekaligus melembapkan lho. Dengan terjaganya kelembapan kulit, maka wajah juga akan terlindungi, sehingga flek hitam dapat segera diatasi.

Rekomendasi produk Hade Beauty yang bisa kamu gunakan: HADE Day Cream SPF, HADE Night Cream Brightening, dan HADE Serum Brightening.

Perawatan Laser

Perawatan terakhir dan paling instan yang bisa kamu coba adalah dengan laser. Perawatan ini dilakukan oleh dokter kulit dan merupakan cara yang paling efektif jika kamu mau menghilangkan flek hitam secara cepat. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan cahaya laser pada kulit yang terdapat flek hitamnya, kemudian cahaya yang ditimbulkan oleh laser tersebut akan menghambat produksi melanin dan hiperpigmentasi kulit. Sehingga, akan muncul sel kulit baru tanpa adanya flek hitam.

Menurut Journal of Pigmentary Disorders, terdapat jenis laser 1064 Q-Switched Nd YAG yang efektif dalam menghilangkan flek hitam. Bahkan, seseorang yang melakukan perawatan laser dengan jenis tersebut akan kehilangan flek hitam pada wajahnya sebanyak lebih dari 50%. Wah, hasil yang luar biasa!  Perawatan laser membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu agar kulitmu kembali recovery. Perawatan lanjutan juga tetap dibutuhkan untuk melihat hasil pada kulitmu, seperti perubahan hingga efek samping yang ditimbulkannya. Maka dari itu, sebelum melakukan perawatan laser ini, pastikan kamu sudah memiliki tabungan yang cukup dan telah melakukan konsultasi dengan dokter kulitmu ya, dear.

Itu dia tips ampuh menghilangkan flek hitam. Dengan menggunakan produk Hade Beauty, kamu juga bisa mewujudkan kulit cantik impian yang bebas dari flek hitam dan berbagai masalah kulit lainnya. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus konsisten dalam melakukan perawatan kulit wajah.

News Feed