Tips Kecantikan: Inilah Panduan Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau yang Sebaiknya Diketahui!

Kecantikan181 views

Rambut sehat dan berkilau merupakan impian semua orang khususnya untuk kaum perempuan. Namun mahkota yang sehat tentu saja tidak bisa didapat dengan cara yang instan. Setiap orang tentu saja perlu mengetahui cara merawat rambut yang tepat agar tetap sehat dan berkilau. Lalu, bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Ini Panduan Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa memiliki rambut yang sehat dan berkilau merupakan impian semua orang. Tak hanya akan terlihat tampak indah saja, dengan rambut yang sehat juga tentu akan membuat rambut anda terhindari dari berbagai penyakit kulit kepala seperti ketombe. Nah, karena itulah anda perlu mengetahui panduan merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau. Tanpa basa basi lagi, berikut ini panduan merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau:

  1. Gunakan Shampo yang Cocok dengan Rambut

Cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau yang pertama yaitu dengan menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut anda. Sama halnya dengan kulit, rambut juga memiliki beragam jenis seperti rambut berminyak, kering dan normal. Pastikan anda mencari produk shampo yang sesuai denga jenis rambut dan kebutuhan bukan berdasarkan harganya yang mahal.

  1. Gunakan Kondisioner

Selanjutnya pastikan anda juga rutin menggunakan kondisioner setelah menggunakan shampo. Hal ini penting agar rambut anda menjadi lebih lembur, berkilau dan mudah disisir. Gunakan kondisioner setelah anda mencuci rambut anda dengan shampo. Tunggu selama 1 hingga 3 menit lalu bilas rambut dengan air bersih dan keringkan. Pilihlah kondisioner yang cocok untuk jenis rambut anda.

  1. Batasi Penggunaan Catokan Serta Pengering Rambut

Anda juga perlu membatasi penggunaan catokan rambut atau alat pengering rambut. Memang, rasanya akan cukup sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut. Namun, menggunakan alat tersebut secara terus menerus justru akan memperparah kondisi rambut anda terutama bagi anda yang memiliki kulit kering dan rapuh. Untuk itu jika anda ingin rambut yang sehat dan berkilau, minimalisir penggunaan catokan dan pengering rambut.

  1. Hindari Air yang Terlalu Panas Ataupun Terlalu Dingin

Berikutnya pastikan anda juga menghindari air yang terlalu panas maupun terlalu dingin ketika sedang keramas atau membilas rambut karena hal ini bisa merusak mahkota anda. Jika anda ingin rambut tetap sehat dan berkilau, pastikan gunakanlah air hangat dan kemudian bilai dengan air sejuk (bukan dingin).

  1. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Rutin menggunakan masker rambut tentu bisa memperkaya nutrisi serta menjaga kelembapan kulit kepala. Anda tentu bisa membuat masker rambut ini sendiri di rumah dengan bahan alami seperti lidah buaya, madu hingga buah pisang. Namun dalam hal ini pastikan anda mengetahui jenis rambut anda terlebih dahulu agar lebih mudah menentukan bahan mana yang cocok untuk jenis rambut anda.

  1. Gunakan Minyak Rambut

Cara merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau terakhir yaitu dengan menggunakan minyak rambut. Ada beberapa jenis minyak rambut yang bisa anda pilih seperti minyak zaitun untuk rambut kering, minyak kemiri untuk rambut rontok, minyak urang aring untuk mengembalikan warna rambut dan minyak argan untuk menjaga kesehatan serta kekuatan rambut.

Nah itulah tips kecantikan tentang panduan merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau. Mudah bukan? Perhatikan setiap panduan diatas agar anda bisa mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau sesuai dengan yang diimpikan. Selamat mencoba!