by

Sering Diabaikan, Berikut Hal-hal Penting yang Harus Dilakukan Pengguna Online Banking

Online banking semakin banyak digunakan seiring dengan perkembangan teknologi. Mobile banking ini dinilai memiliki berbagai manfaat dan kelebihan yang tidak bisa didapatkan nasabah saat berkunjung ke bank. Namun, semakin banyaknya nasabah yang menggunakan aplikasi bank online ini membuat penipuan dan jenis kejahatan lainnya semakin tinggi.

Saat kamu buka rekening online, itu artinya kamu sudah bersedia menerima segala resiko yang terjadi seperti adanya kebocoran data yang sering terjadi. Namun, kamu jangan khawatir karena berikut ini akan kami bahas hal penting yang harus kamu lakukan sebagai pengguna online banking agar terhindari dari bahaya penipuan. Penasaran apa saja hal pentingnya? Yuk simak informasi di bawah ini.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna Online Banking

Simak berbagai informasi penting yang harus kamu ketahui sebagai pengguna mobile banking berikut ini agar bisa menghindari kasus penipuan yang marak terjadi. Berikut ini informasinya.

  • Melindungi Data Pribadi

Cara pertama yang harus kamu ketahui sebagai pengguna online banking adalah dengan melindungi data pribadi yang kamu masukan ke dalam akun mobile banking. Setelah kamu melakukan transaksi secara online, pastikan kamu mengecek kembali berapa sisa saldo yang dimiliki, dan berbagai informasi lainnya yang ada di akun m banking.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa memastikan bahwa tidak ada kekurangan apapun yang terjadi setelah proses transaksi. Selain itu, sebelum mengirim uang ke rekening lain pastikan juga informasi penerima sudah benar.

  • Rutin Memperbarui Data

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara daftar mobile banking, kamu juga harus memastikan bahwa seluruh data yang kamu simpan di akun mu diperbarui dengan rutin. Pastikan kamu secara rutin mengubah data mulai dari kode akses, nomor ponsel, hingga OTP. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan fitur keamanan terbaru yang diberikan oleh bank.

  • Memecah Dana

Dengan memecah dana juga bisa menghindari setiap kejahatan yang terjadi. Kamu bisa memecah dana di beberapa rekening yang kamu percaya. Pastikan juga kamu menggunakan online banking yang memiliki fitur monitoring transaksi sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi keuangan dengan mudah.

  • Keluarkan Aplikasi Setelah Digunakan

Setelah kamu selesai menggunakan aplikasi m-banking, alangkah baiknya untuk langsung log out dari aplikasi. Hal ini bertujuan agar aplikasi tidak berjalan di latar belakang dan bisa dengan mudah diakses oleh orang lain yang menggunakan smartphone mu.

  • Jangan Gunakan Koneksi Wifi Umum

Langkah selanjutnya adalah jangan menggunakan Wifi umum saat mengakses mobile banking. Kenapa demikian? Wifi umum rawan terjadi peretasan, sehingga dikhawatirkan jika saat mengakses mobile banking data kamu ikut diretas.

Nah itulah berbagai hal penting yang harus kamu ketahui sebagai pengguna online banking. Jika kamu berniat untuk buka rekening online, kami menyarankan untuk menggunakan PermataMobile X. Kenapa harus PermataMobile X? Apa itu PermataMobile X?

Tahukah kamu bahwa PermataMobile X adalah sebuah layanan bank online yang secara resmi dikeluarkan oleh PermataBank. Aplikasi mobile banking yang satu ini memiliki berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Yuk simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Menggunakan PermataMobile X

PermataMobile X bukan sekedar aplikasi bank online biasa, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan seperti berikut ini.

  • Praktis

Kelebihan yang pertama adalah kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan praktis. PermataMobile X menghadirkan tampilan aplikasi yang sederhana sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakannya.

  • Cek Mutasi Mudah

Yang menarik dari PermataMobile X adalah kamu bisa dengan mudah mengetahui transaksi mutasi. Kamu bisa mengetahui setiap mutasi yang dilakukan hingga 12 bulan.

  • Ratusan Fitur

Tahukah kamu bahwa PermataMobile X telah menyediakan 200 fitur yang bisa kamu gunakan dengan mudah dan bebas. 200 fitur ini tidak akan kamu dapatkan di aplikasi bank manapun.

Fitur Penting PermataMobile X

Tahukah kamu, dengan menggunakan PermataMobile X kamu bisa melakukan mutasi transaksi hingga 12 bulan di semua akun tabungan, giro, hingga obligasi dengan menggunakan fitur Tabungan Giro. Untuk fitur Investasi bisa digunakan untuk mengetahui transaksi penjualan dan pembelian hingga switching transaksi Reksa Dana dengan mudah.

Pembuatan kartu kredit juga bisa dilakukan dengan menggunakan PermataMobile X loh. Selain itu, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan mudah dengan aplikasi ini. Untuk masalah keamanan, PermataMobile X sudah menyediakan fitur fingerprint hingga face ID untuk memberikan keamanan bagi pelanggan.

Jika kamu ingin melakukan pembayaran dengan mudah, kamu bisa menggunakan fitur QR Pay. Ditambah dengan disediakannya PermataStore yang bisa kamu kunjungi untuk membeli banyak produk perbankan. Yang menarik lagi, PermataMobile X juga bisa melakukan transfer hitungan detik menggunakan nomor handphone loh, apalagi dengan adanya fitur digital token dijamin kamu semakin betah menggunakannya.

Nah itulah berbagai informasi mengenai online banking, apakah membantumu? Bagaimana menurut kamu?

News Feed