by

Inilah Sistem Keamanan Gedung sebagai Standarisasi Terbaik

Sistem keamanan gedung adalah salah satu hal penting yang menjadi standar fasilitas di dalamnya. Keberadaannya mampu memberikan keamanan dan juga kenyamanan bagi para pengguna gedung. Sebagai pemilik gedung, tentu saja standar ini haruslah diperhatikan.

Salah satunya ialah penggunaan Visitor Management System/VMS, Access Control, serta CCTV. Sistem keamanan ini telah terintegrasi dengan baik, sehingga keberadaannya mampu mengurangi risiko terjadinya hal-hal buruk terkait keamanan.

Beberapa Integrasi Sistem Keamanan Gedung

Demi memberikan keamanan yang optimal pada suatu gedung, maka diperlukan yang namanya sistem keamanan. Dalam hal ini, bisa dimanfaatkan adanya sistem keamanan gedung yang telah terintegrasi sebagai berikut.

  1. Visitor Management System

Visitor Management System merupakan sebuah sistem keamanan yang bekerja dalam menangani manajemen tamu maupun pengunjung gedung. Fasilitas ini biasanya tersedia pada bangunan yang berisiko, gedung perkantoran, instansi dan sebagainya.

Adapun fungsi utama dari fasilitas keamanan ini adalah meminimalisir terjadinya resiko yang tidak diinginkan. Contohnya saja seperti risiko yang berkaitan dengan tindak kriminal, unsur terorisme, hingga berbagai tindakan buruk lain yang mungkin saja terjadi.

Adapun sistem kerjanya telah menggantikan pendataan yang dulu dilakukan secara konvensional. Sistem kerja dari fasilitas keamanan ini adalah menggunakan teknologi yang bekerja dengan melakukan penelusuran pada setiap pengunjung.

Dengan kata lain, para pengunjung harus menunjukan kartu tanda pengenal demi menjamin keamanan dalam gedung.

  1. Access Control

Selanjutnya, ada sistem keamanan gedung yang setelah terintegrasi dengan Access Control Security. Istilah ini seringkali didefinisikan sebagai pemberian izin yang bekerja dengan cara lebih spesifik.

Setiap pengunjung yang masuk ke dalam gedung akan dibatasi. Hal ini dilakukan demi mengurangi kemungkinan terjadinya pembobolan maupun pencurian. Misalnya sana pencurian data yang marak terjadi dalam sebuah gedung atau instansi penting.

Secara garis besar, contoh penggunaan dari access control sendiri sudah cukup sering kita temui. Seperti halnya akses ke sebuah ruang rapat, di mana ijin masuk hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Adapun faktor yang biasa dipakai untuk sistem otentikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Informasi yang hanya diketahui pengguna, contohnya PIN atau kata sandi.
  • Bagian dari pengguna itu sendiri yang meliputi pengukuran biometrik, sidik jari, pemindaian retina, dan sebagainya.
  • Milik pengguna, contohnya kartu maupun kunci.
  1. CCTV (Closed Circuit Television)

Sistem keamanan selanjutnya, ada CCTV yang pemakaiannya menggunakan adanya perangkat kamera video. Perangkat ini dipakai guna mentransmisikan signal video, misalnya saja pada set monitor. Hanya saja, sinyal yang digunakan pada CCTV ini tidak ditransmisikan secara terbuka.

Penggunaannya pun seringkali ditempatkan di area atau bangunan yang sekiranya memerlukan keamanan ekstra. Contohnya saja seperti bank, gudang, rumah pribadi, hingga berbagai tempat pelayanan umum lainnya.

Sistem operasi dari CCTV ini biasanya menggunakan komunikasi fixed (dedicated), antara perangkat kamera dan juga monitor. Sistem ini bekerja dengan terkoneksi dalam suatu jaringan, misalnya saja LAN, Wireless-LAN hingga internet.

Untuk jenisnya sendiri, ada CCTV outdoor maupun indoor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan area penempatannya. Selain itu, pastikan Anda memilih rekomendasi CCTV dari perangkat lunak terbaik.

Sistem Keamanan Terbaik bersama Hikvision

Hikvision adalah sebuah penyedia produk inovatif di bidang sistem keamanan gedung. Salah satu produknya adalah HikCentral Enterprise yang mampu bekerja untuk berbagai sektor dengan berbagai fitur sistem di dalamnya.

Selain itu, pemakaiannya gampang terintegrasi dengan sistem pihak ketiga lain. Berikut ini berbagai penawaran dan juga fitur unggulan dari produk Hikvision.

  1. HikCentral Enterprise

Brand ini menawarkan beberapa sistem untuk sektor seperti,

  • Komersial merupakan platform manajemen pusat dalam suatu gedung yang berkaitan dengan sistem keamanan. Sistem telah terintegrasi dengan informasi keamanan yang terkoneksi dengan keamanan video. Termasuk juga adanya bantuan Artificial Intelligence, Human Access Management, kamera ANPR, hingga Parking Guidence
  • Yang kedua, ada HikCentral Enterprise Ritel yang bekerja untuk membantu pengecer dalam meningkatkan layanan tokonya. Keberadaannya dinilai memberikan efektivitas dan efisiensi tanpa perlu melakukan audit toko di lapangan secara langsung.
  • Yang ketiga, ada Industri sebagai manajemen pusat yang dirancang sebagai lokasi yang berkaitan dengan manufaktur dan juga logistik. Sistemnya telah terintegrasi dengan teknologi canggih dalam meningkatkan efisiensi maupun kualitas produk.
  • Serta terakhir, ada pendidikan yang dirancang menggunakan akses kontrol, teknologi pengenalan wajah di kelas, keamanan video, hingga manajemen alarm. Teknologi ini mampu memberikan bantuan yang cukup signifikan untuk mengembangkan pendidikan.
  1. Fitur Customer Analysis

Brand Hikvision juga menawarkan fitur yang mampu meningkatkan daya jual suatu produk melalui Fitur Customer Analysis. Sistem bekerja dengan memanfaatkan strategi proactive marketing. Untuk itu, digunakanlah kamera CCTV beserta Fitur Customer Analysis yang terintegrasi dengan customers data VIP.

Berbagai penawaran dan juga fitur dari produk Hikvision, tentu saja mampu menjadi solusi keamanan terbaik. Gunakan produk dari Hikvision ini untuk sistem keamanan gedung Anda.

News Feed