by

Cara Membuat Modul Penjualan dan Pembelian

Pada perusahaan dagang maupun manufaktur, ada proses pembelian barang menjadi aktivitas yang sama pentingnya dengan penjualan. Karena tanpa pembelian, kedua jenis perusahaan ini akan tidak dapat menjalankan aktivitas produksi dan juga jual beli. Namun sebenarnya kedua aktivitas inilah sumber laba mereka. Namun saat mengingat pentingnya hal ini maka perusahaan juga perlu mengetahui pembelian menggunakan software akuntansi tersebut.

Lantas apakah alasan yang mendasari harusnya perusahaan mengetahui pembelian menggunakan software akuntansi ini?

Ada hal pertama yang harus kamu tahu, software akuntansi dapat menyediakan informasi pembelian yang akurat dan juga cepat. Kemudian yang kedua, perusahaan dapat mengetahui pembelian menggunakan software akuntansi di manapun dan kapanpun asal terhubung dengan koneksi internet. Dsn yang ketiga, perusahaan mampu memantau kinerja divisi pembelian melalui software ini. Sungguh lengkap sekali bukan?

Namuan bagaimana Cara untuk Mengetahui Pembelian Melalui Software Akuntansi?

Pada software akuntansi online, juga akan ada beberapa pilihan modul. Dan pada umumnya setiap software juga akan menawarkan variasi pilihan modul yang berbeda. Akan tetapi modul yang pasti menjadi pilihan adalah yaitu kas atau keuangan, inventory, penjualan, pembelian, sampai laporan.

Dalam modul-modul di atas memegang peranan yang penting dalam aktivitas perusahaan sehari-harinya. Oleh karena itu, untuk mengetahui informasi pembelian, maka kamu bisa masuk ke modul pembelian dan juga bisa mencari informasi yang kamu butuhkan. Bukan hanya mengetahui pembelian melalui software akuntansi ini, namun kamu juga bisa mencetak laporan yang dibutuhkan lho.

Karena dengan laporan software akuntansi yang ditawarkan juga umumnya sangat beragam. Akan tetapi idealnya, kamu juga harus bisa membuat laporan keuangan seperti halnya neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas.

Kemudian laporan-laporan untuk internal perusahaan seperti halnya laporan penjualan, pembelian dan sampai stock opname juga bisa dibuat dengan cepat dan akurat menggunakan aplikasi ini.

Lantas bagaimana dengan perpajakan? Dahh, kamu tenang saja, karena kamu juga bisa memanfaatkan software akuntansi untuk mencetak SPT sampai bukti pemotongan pajak PPh dan PPN-nya lho.

Kamu juga bisa bayangkan, untuk divisi pembelian, maka software ini juga mempunyai fitur yang sangat lengkap mulai dari mengetahui pembelian menggunakan software akuntansi, kemudian perhitungan persediaan sampai dengan pelaporan PPN. Semua hanya butuh ketikan jari saja dan tanpa menunggu lama.

Dibawah Ada Tips Memilih Software Akuntansi yang Benar

Kita juga tahu saat ini, ada banyak sekali pilihan software akuntansi di pasaran maka sehingga kamu bisa mengikuti tips berikut yang ada dibawah ini.

1.  Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Hal yang pertama mengetahui pembelian menggunakan software akuntansi menjadi salah satu nilai tambah untuk bisnis yang kamu jalani. Akan tetapi perlu diingat, kamu juga tidak boleh asal membeli software saja.

Sehingga kamu harus pastikan budget dan kebutuhan bisnis yang juga dapat terpenuhi dengan software yang yangkamu pilih. Karena lebih baik lagi jika software pilihan kamu bisa dipesan dengan custom. Sehingga kamu dapat memilih modul dan fitur mana saja yang diinginkan.

2.  Sesuaikan dengan Layanan Pelanggan

Bukan hanya soal kebutuhan kamu saja terkait fitur untuk menggunakan software akuntansi ini, akan tetapi ada layanan pelanggan yang merupakan poin penting yang harus kamu pertimbangkan.

Sehingga kamu bisa pastikan, perusahaan penyedia software akuntansi yang kamu pilih mempunyai layanan pelanggan yang aktif dan responsif. Hal ini juga akan sangat berguna ketika kamu mengalami masalah dengan penggunaan software di kemudian harinya. Kamu juga bisa lihat fiturnya di https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/.

News Feed