by

Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan SMA yang Ingin Langsung Kerja

Seseorang yang bersekolah di jenjang SMA memang umumnya diarahkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi . Namun demikian, tidak semua orang bisa meneruskan pendidikan karena adanya halangan seperti keterbatasan ekonomi. Persaingan di dunia kerja memang sengit. Bagi lulusan SMA yang mau bekerja, tentunya harus sanggup bersaing dengan para pencari kerja lain yang bertitel sarjana bahkan pencari kerja dengan gelar yang lebih tinggi lagi. Banyak sekali sekarang loker sma yang sangat cocok untuk lulusan sma.

Namun lulusan SMA tidak perlu khawatir dan jangan minder dulu akan sulit mendapatkan pekerjaan. Dengan bakat, keterampilan dan keahlian yang dimiliki lulusan SMA pun bisa mendapat pekerjaan. Bahkan di perusahaan besar sekalipun. Mengutip laman Universitas Nusa Mandiri di nusamandiri.info, bagi lulusan SMA yang ingin langsung bekerja, beberapa pekerjaan di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan setelah lulus.

Asisten Pilot

Saat ini, menjadi asisten pilot dapat menjadi pilihan pekerjaan setelah lulus dari bangku SMA. Profesi ini terbuka bagi siswa yang mengambil jurusan IPA. Sebelum memiliki profesi tersebut, bisanya harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Lowongan pekerjaan sebagai asisten pilot biasanya dibuka oleh maskapai penerbangan.

Customer Service

Setelah lulus dari bangku SMA, pekerjaan sebagai customer service biasanya menjadi yang paling banyak diminati. Biasanya lowongan kerja lulusan SMA sebagai customer service dibuka untuk perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan memberikan peluang untuk laki-laki.

Tugas dari customer service biasanya menangani berbagai keluhan yang masuk ke perusahaan yang berkaitan dengan klien. Pekerjaan sebagai customer service tampak sederhana, namun pada dasarnya pekerjaan ini menuntut kesabaran, fokus, dan pengetahuan yang luas.

Operator Produksi

Biasanya lowongan sebagai operator produksi banyak dibuka jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Perkembangan industri di tanah air juga menjadi hal yang melatarbelakangi dibutuhkannya staf di bagian produksi.

Job desk pekerjaan ini adalah mengoperasikan mesin ataupun alat yang digunakan saat proses produksi berlangsung. Selain itu, operator produksi biasanya juga membuat laporan, menjaga lingkungan kerja agar tetap kondusif serta bekerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Walaupun tampak mudah, pekerjaan sebagai operator produksi membutuhkan ketekunan dan kekuatan fisik. Hal itu dikarenakan profesi ini menuntut pekerjanya untuk berdiri atau duduk selama jam kerja. Ketelitian dibutuhkan agar dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

Berbisnis Online

Profesi selanjutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah dengan menjalankan bisnis online. Di era teknologi seperti sekarang ini, lulusan SMA dapat memulai usaha digital dengan mudah. Walaupun mudah, tapi harus tetap melakukan analisa pasar, menetapkan harga jual, dan mengambil keputusan untuk keberlangsungan bisnis.