by

Penting! Ketahui 4 Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Di masa pandemic virus corona seperti ini kita harus tetap waspada terhadap kesehatan kita masing-masing. Pasalnya, virus corona masih merebak di berbagai daerah seluruh dunia, khususnya di Indonesia, sampai saat ini. Cara terbaik untuk melawan virus tersebut adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, melakukan physical distancing, serta mencuci tangan dengan rutin.

Namun, sayangnya tidak semua masyarakat di Indonesia perhatian dengan kesehatannya masing-masing di tengah pandemic seperti ini. Masih banyak orang-orang yang tidak mencuci tangannya sehabis memegang barang di tempat umum. Padahal, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan mereka dan berpotensi terkena virus corona. Pasalnya, apabila ia memegang hidung, mata, atau mulutnya dengan tangan tersebut, maka virus corona bisa masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, kamu harus mencuci tangan secara rutin. Utamakan untuk cuci tangan pakai sabun supaya kuman-kuman yang menempel dapat hilang dalam sekejap. Tanpa kamu ketahui, ada banyak manfaat yang kamu dapat saat mencuci tangan selain untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku:

  1. Mencegah iritasi mata

Salah satu penyebab terbesar gangguan kesehatan pada mata adalah tangan yang kotor. Ketika mata terasa kurang nyaman atau gatal, hampir semua orang akan menggunakan tangan untuk menggaruknya. Nah, tangan yang kotor bisa menyebabkan mata iritasi. Pasalnya tangan kita tidak selalu berada dalam keadaan higiens. Dengan keadaan seperti ini, ada baiknya bagi kamu untuk mencuci tangan secara rutin. Terlebih di tengah pandemic virus corona seperti saat ini.

  1. Mencegah diare dan cacingan

Selain mencegah iritasi pada mata, sering cuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah diare dan cacingan. Pasalnya, apabila kamu menyantap makanan dengan keadaan tangan masih kotor, maka ada kemungkinan kuman akan ikut masuk ke dalam perut. Hal ini tentu sangat berbahaya sehingga bisa mengakibatkan penyakit diare dan cacingan.

Untuk itu, cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu supaya tanganmu higienis dan bersih sehingga kamu dapat menyantap makanan dengan nyaman dan lahap pastinya.

  1. Mencegah gangguan sistem pernafasan

Kamu dapat meminimalisir risiko gangguan sistem pernafasan dengan sering mencuci tangan. Bakteri pathogen yang memicu penyakit pernapasan sering menempel pada tangan kotor. Jadi, usahakan untuk rutin mencuci tangan, terutama pakai sabun supaya bakteri yang menempel dapat hilang.

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mencuci tangan. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah kamu harus tahu bagaimana caranya mencuci tangan pakai sabun dengan benar.

  • Bilas kedua tangan dengan air
  • Usapkan sabun ke tangan. Gosok tangan kanan dan tangan kiri selama 20 detik
  • Jangan lupa bersihkan jari-jari dan di sela-selanya. Hal ini dilakukan supaya kuman yang menempel di tangan semuanya hilang.

Usahakan untuk selalu menggunakan sabun saat cuci tangan. Apabila kamu belum mempunyai sabun cuci tangan, maka kamu bisa membelinya terlebih dahulu di JD.ID. Di sana ada beragam merek sabun cuci tangan dengan kualitas yang tinggi, seperti Lifebuoy, Nuvo, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan sabun cuci tangan di JD.ID dengan harga kisaran Rp 19.000 hingga Ro 40.000.

Yuk, mulai hidup sehat dari diri sendiri. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu mengingatkan orang-orang terdekat kita agar tetap melakukan protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

News Feed