by

Kanal Jogja – 10 Lokasi Wisata di Jogja yang Sedang Hits dan Kekinian!

Jangan mengaku petualang sejati jika melewati Malioboro atau Pantai Parangtritis setiap kali berkunjung ke Yogyakarta. Padahal, Yogyakarta sudah memiliki puluhan tempat wisata baru yang hits, kekinian, dan instagram-ready.

Agar tidak stuck atau ketinggalan update, Kanal Jogja telah merangkum tempat-tempat wisata Yogyakarta untuk referensi liburan Anda selanjutnya, mulai dari utara hingga selatan. Kami jamin Anda tidak akan mau pulang!

Kaliadem

Jika Anda pernah melihat postingan teman berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang perkasa, pasti berada di kawasan Kaliurang. Berlokasi di bunker Kaliadem.

Anda tidak hanya dapat belajar banyak tentang sejarah letusan Gunung Merapi, tetapi juga menemukan kedamaian batin, karena udaranya yang segar, tenang dan mengundang Anda untuk bersantai. Jika Anda dapat mengambil foto seperti di atas, selamat, level petualangan Anda naik sedikit!

Bukit Kali Kuning

Tempat wisata di Yogyakarta ini dulunya ramai dikunjungi wisatawan sebelum erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Di awal tahun 2017, Bukit Kali Kuning kembali menjamur dan menjadi tempat wisata baru yang asik banget buat diminum.

Duduk santai dan menikmati keindahan Gunung Merapi dan ketenangan hutan sekitar adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi ditemani secangkir teh atau kopi panas.

Museum Ullen Sentalu

Jika Anda berjalan sedikit dari kawasan Kaliurang, Anda bisa berhenti di Museum Ullen Sentalu. Meski tidak tergolong wisata baru, museum ini sudah menjadi destinasi wisata anti mainstream.

Tidak hanya bangunan museum yang unik, Anda juga akan menemukan karya seni dari seniman Yogya di masa lalu. Menariknya, Anda juga bisa belajar tentang sejarah kerajaan Mataram yang terkenal itu. Seperti yang dikatakan Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

Taman Pelangi

Bahkan di utara Yogyakarta Anda dapat menikmati kehidupan malam dengan ratusan lampion. Taman Pelangi masih berada di kawasan yang sama dengan Jogja Return Memorial Museum di Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman.

Anda juga dapat mengunjunginya pada malam hari juga loh, pasti suasananya lebih indah lagi. Jadi bukan hanya Alunalun Kidul atau Malioboro saja yang sudah ramai pengunjung.

Upside Down World

Resor Yogyakarta ini mendadak populer sejak dibuka. Di Dunia Terbalik, Anda dapat membuat lelucon konyol dengan teman atau pasangan Anda. Karena tempatnya yang begitu unik, dunia seolah-olah telah jungkir balik.

Lokasi di Jalan Ring Road Utara, Depok, Yogya, tidak jauh dari pusat kota. Saat ini, hanya ada dua pendakian di Indonesia. Di Yogyakarta dan Bali. Jadi pastikan untuk datang ke sini agar level hit Anda meningkat secara drastis!

Wisata Kalibiru

Lokasinya berada di bagian barat Yogyakarta. Bagi kamu yang tidak takut ketinggian, tempat ini menjadi destinasi yang seru banget.

Anda dapat mengambil gambar di atas ketinggian panggung dan pepohonan dengan latar belakang tebing. Jangan khawatir, Anda akan benar-benar dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan saat naik ke panggung yang tinggi. Jadi Anda semuanya tetap nyaman dan merasa aman saat berfoto.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Cocok untuk semua orang yang mencari cita rasa baru Yogyakarta. Datanglah saat senja, suasananya akan sangat asik untuk diabadikan dengan kamera Anda.

Air Terjun Kedung Pedut

Suasananya akan membuat anda betah, karena penduduk setempat yang ramah membuat suasana sangat bersahabat di wisata air terjun ini. Banyak warga sekitar tempat wisata yang menjual hasil buminya, seperti durian manis dari perkebunan setempat.

Meski di desa, fasilitas di sini cukup lengkap, seperti tempat ibadah, pemandian umum, dan pendopo istirahat. Anda juga bisa bermain air sebanyak yang Anda mau, tapi hati-hati! Jika penasaran, Anda bisa langsung menuju Desa Jatimulyo, Kulon Progo.

Taman Sungai Ekowisata Mudal

Unik, mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan tempat wisata yang menjual suasana damai sungai ini. Selain itu walaupun lokasinya jauh dari keramaian kota, fasilitasnya cukup lengkap bahkan ada Wi-Fi.

Jadi jangan khawatir tidak bisa langsung memuat Instagram Stories. Lokasinya di desa Girimulyo, Kulon Progo.

Nglanggeran Gunung Kidul

Dari arah barat kita bergerak ke arah timur Yogyakarta tepatnya di kawasan Gunung Kidul. Embung Nglanggeran merupakan sebuah danau buatan yang dulunya dianggap dapat mengairi masyarakat sekitar.

Namun, potensi wisatanya yang besar membuat danau dengan pemandangan yang sangat menarik ini menjadi tujuan liburan yang populer di Gunung Kidul. Anda dapat pergi ke sana kapan saja karena buka 2 jam. Lokasinya di Nglanggeran, Patuk, Yogyakarta.

News Feed