by

5 Trik Beli Mobil Baru 2022 Untuk Bisnis

Tidak bisa dipungkiri, bahwa mobil menjadi salah satu alat transportasi penting untuk sebuah bisnis. Baik itu mobil yang akan dipakai untuk membawa barang, mengantarkan penumpang, atau sekedar kendaraan operasional. Anda perlu trik beli mobil baru 2022 yang tepat, supaya kendaraan yang didapatkan benar-benar bermanfaat.

Saat ini banyak tersedia kendaraan roda empat, yang memang ditujukan untuk bisnis. Ketimbang beli versi bekas, memang akan lebih beruntung kalau Anda mencari versi baru meskipun bukan varian baru.

5 Trik Beli Mobil Baru Untuk Kebutuhan Bisnis

Memang butuh persiapan maksimal sebelum membeli sebuah mobil untuk kebutuhan bisnis. Tidak jarang, yang harus mengembalikan mobil ke dealer karena tidak mampu bayar cicilan kredit akibat bisnis tak kunjung berkembang.

Ada juga ,yang terpaksa menjual kembali mobil baru tersebut karena kekurangan modal usaha. Supaya kondisi tersebut tidak menimpa Anda, coba ikuti beberapa trik berikut ini.

1. Apa Fungsi Kendaraan

Anda harus tahu terlebih dahulu apa fungsi dari mobil tersebut jika nantinya dibeli, sesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang sedang digeluti. Berdasarkan fungsi, akan diketahui jenis mobil yang tepat untuk dibeli.

Jangan hanya karena keuntungan bisnis sudah banyak, kemudian Anda ingin membeli kendaraan padahal belum dibutuhkan.

Contoh, ketika Anda membuka bisnis katering makanan yang sudah cukup berkembang. Dimana pelanggan tersebar di berbagai lokasi, jika menggunakan motor tentu tidak efektif karena harus beberapa kali bolak balik mengingat kapasitas muatan motor sangat terbatas.

Untuk memudahkan distribusinya, Anda butuh mobil yang berfungsi mengantar makanan catering ke semua lokasi pelanggan tepat waktu dan lebih aman.

2. Dimana Akan Digunakan

Perhatikan juga dimana kendaraan akan digunakan, atau hanya di dalam kota dengan kondisi jalan yang masuk kategori bagus atau akan digunakan untuk perjalanan jauh bahkan ke pelosok daerah.

Kalau hanya dibutuhkan untuk mobilisasi dalam kota, kendaraan yang dibeli bisa lebih variatif. Namun untuk perjalanan jauh, tentu Anda butuh yang irit bahan bakar dan tangguh di segala medan dan bisa mencapai lokasi tujuan sesuai target.

3. Berapa Anggaran Disediakan

Tentukan anggaran pembelian mobil baru 2022 yang akan digunakan, pastikan untuk melakukan kalkulasi yang tepat. Supaya nantinya tidak membuat bisnis Anda merugi, akibat penggunaan dana berlebihan hanya untuk membeli kendaraan.

Contoh, dana bisnis yang tersedia adalah Rp250.000.000 sementara mobil yang dibutuhkan adalah untuk tambahan armada bisnis rental mobil. Anda bisa mencari jenis kendaraan dengan maksimal harga sesuai anggaran tersebut.

Sehingga tidak perlu mencari pinjaman atau menggunakan dana kebutuhan lain, untuk pembelian mobil tersebut.

4. Bagaimana Perawatan

Biaya dan bagaimana cara merawat kendaraan baru tersebut, juga harus jadi bahan pertimbangan sebelum membeli. Alasannya, jika biaya perawatannya tinggi tentu akan membuat pengeluaran kas bisnis menjadi bertambah.

Jadi perlu dipertimbangkan juga, apakah mobil tersebut tangguh dan hanya perlu perawatan rutin dalam jangka waktu tertentu atau tidak. Jika butuh perawatan ekstra setiap bulan, tentu Anda harus mencari tipe mobil lain yang lebih sesuai.

5. Beli Online Via SEVA

Bagi Anda yang saat ini butuh mobil baru untuk bisnis, namun tak punya waktu banyak untuk survei ke banyak dealer. Bisa memanfaatkan sistem beli online melalui SEVA, yang sudah dipercaya sebagai salah satu platform aman untuk membeli kendaraan.

Apalagi saat ini sudah ada fitur instant approval, dimana dalam waktu singkat proses transaksi bisa dilakukan dengan aman sesuai yang diinginkan. Mobil yang dipilih juga merupakan mobil terbaik dari dealer terpercaya.

Jangan asal membeli mobil baru 2022 jika akan dipakai untuk kebutuhan bisnis, Anda perlu melakukan persiapan matang. Termasuk mencari tempat membeli yang memiliki track record positif seperti SEVA.

Sumber:

  1. https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/otomotif/cara-beli-mobil-cash/
  2. https://www.carmudi.co.id/journal/simak-syarat-membeli-mobil-baru-atas-nama-pt/