Cek 3 Bagian Penting Berikut Ini Ketika Terjadi Overheat Pada Mobil

Otomatif81 views

Bagi pemilik kendaraan tentu pernah mengalami situasi sulit ketika hendak menggunakan mobil saat berada di jalan. Umumnya, bila ditandai dengan sulit menghidupkan mesin biasanya ada masalah tertentu yang terjadi. Kendaraan dengan performa baik akan segera hidup dengan sekali menekan tombol. Namun, jika terasa berat untuk dihidupkan maka dua hal menjadi penyebab utamanya. Pertama, mesin yang telat panas dan kedua adalah kerusakan pada bagian kelistrikan seperti akumulasi daya yang sudah turun drastis.

Setiap orang tentu dapat berkendara dengan aman tetapi masalah bisa muncul ketika mobil sedang berada di jalan. Salah satu contoh adalah overheat akibat mesin yang terlalu panas. Jangan panik ketika hal ini terjadi, tetap tenang dan letakkan kendaraan ke area yang aman. Matikan AC dan mesin, lalu buka kap mesin di bagian depan untuk meredakan panas pada mesin tersebut. Jika langkah-langkah ini telah dilakukan, tentu akan dapat melanjutkan perjalanan dengan aman.

Selagi menunggu suhu mesin dingin, ada baiknya memeriksa 3 bagian pada mesin berikut ini karena memang ada banyak waktu sekitar setengah jam sampai berjam-jam hingga menunggu mesin dingin.

Periksa radiator

Radiator adalah suatu komponen yang termasuk penting dalam suatu mesin karena fungsinya yaitu menjaga suhu mesin, radiator biasanya diletakkan berdekatan dengan mesin. Jika tidak ada air pendingin di dalamnya, maka panas akan berlebih pada mesin. Oleh karena itu, saat berhenti sejenak di tepi jalan sangat disarankan untuk memeriksa air radiator. Jika airnya habis atau lebih rendah dari biasanya, inilah yang mungkin menyebabkan overheating pada mesin. Solusinya adalah dengan cara mengisi ulang air radiator sampai penuh sebelum melanjutkan ke lokasi tujuan.

Pastikan tabung air radiator dalam kondisi baik

Selain komponen radiator, terdapat tabung yang berfungsi untuk menyimpan air cadangan. Tabung ini terhubung ke bagian atas radiator dan harus diperiksa secara berkala tentang ketinggian level air. Jika level air berkurang atau habis, isi kembali hingga penuh agar mesin tidak overheat.

Periksa apakah terdapat kebocoran di sistem pendingin

Jika suhu mesin naik drastis, ada baiknya untuk memeriksa beberapa komponen sekaligus untuk mencari tahu apakah masalah tersebut disebabkan oleh kebocoran di sistem pendingin. Cek terutama radiator, kepala silinder, serta blok mesin untuk memastikan bahwa tidak ada rembesan atau bahkan kebocoran pada saluran pendingin.

Itulah 3 bagian yang perlu ditinjau untuk memastikan semuanya masih dalam keadaan normal dan baik. Dengan memeriksa semua bagian dan menjamin bahwa mereka bekerja normal, overheat tidak akan terulang kembali. Karena itu, penting untuk membeli kendaraan bekas di tempat yang terpercaya dan bisa diandalkan. Platform mobbi yang dulunya dinamakan mo88i ini dikenal sebagai satu-satunya platform yang memberikan jaminan anti kebocoran, anti banjir dan anti kecelakaan udara pada setiap unit yang akan dijual. Salah satunya harga Fortuner bekas yang kompetitif juga disediakan di platform ini. Jadi jangan ragu lagi dan manfaatkan semua layanan termasuk sistem kredit di platform ini saat ingin beli kendaraan second.