Selain Praktis Ternyata Ada Banyak Kelebihan Perpanjang SIM Online, Apa Saja?

Gaya Hidup65 views

Bagi yang berencana beli mobil baru atau bekas tentunya ada banyak yang harus diperhatikan. Bukan hanya dalam hal perawatan saja tetapi ada banyak hal lain yang penting sebelum membeli kendaraan roda empat. Salah satu yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara mobil adalah surat izin mengemudi yang disingkat dengan SIM. Dokumen yang satu ini tentunya harus selalu dibawa oleh pengendara kemanapun pergi. Jangan sampai tertinggal, jika memang tertinggal di rumah ada baiknya untuk kembali ke rumah dan mengambil SIM untuk dibawa berkendara. Jika memaksakan mengendarai mobil tanpa membawa SIM maka hal tersebut melanggar aturan yang ada.

Untuk membuat baru maupun perpanjang juga sekarang sangat mudah dan cepat. Apalagi dengan kehadiran metode online tentu membuat proses yang terkait dengan SIM akan lebih mudah. Ada banyak keunggulan yang akan diperoleh pemilik SIM untuk buat baru maupun perpanjang dengan cara online. Apa saja keunggulannya? berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan perpanjang SIM online.

Data sudah terintegrasi

Hal paling penting dari proses perpanjang online ini adalah semua data yang diperlukan sudah terintegrasi atau terhubung satu sama lain. Jadi data yang ada di SIM sudah terkoneksi dengan data yang ada di Dirjen Dukcapil. Apalagi salah satu syarat perpanjang SIM adalah harus menyertakan kartu tanda penduduk atau KTP. Dengan adanya data yang terintegrasi maka memudahkan petugas untuk melakukan monitoring serta laporan.

Dapat diakses dari mana saja

Kelebihan lainnya perpanjang SIM dengan cara online adalah bisa diakses dari mana saja dan sudah tidak terbatas lokasi lagi. Jika dulunya setiap orang harus perpanjang SIM sesuai domisili maka dengan cara online sudah tidak perlu melakukan hal seperti itu lagi. Sekarang buat yang baru atau perpanjang SIM dapat dilakukan dari mana saja dan sudah tidak perlu sesuai domisili lagi. Untuk pengambilan SIM baru tentu bisa memilih SATPAS yang terdekat.

Menghemat waktu

Saat memutuskan untuk memperpanjang surat izin mengemudi secara offline atau datang langsung maka harus siap untuk mengantri di loket pendaftaran. Belum lagi harus mengantri untuk tes, foto, dan aktivitas lainnya yang tentunya akan menghabiskan waktu serta tenaga. Makanya cara online ini bisa dimanfaatkan setiap orang mulai sekarang karena bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga uang.

Itulah kelebihan perpanjang SIM online sehingga sekarang banyak orang mulai beralih dari offline ke online. Jika perpanjangan SIM sudah selesai maka selanjutnya bisa memiliki mobil sendiri yang bisa dibeli lewat aplikasi mobbi. Aplikasi ini fokus menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang masih berkualitas dari berbagai merk. Selain itu, aplikasi yang pernah populer dengan nama mo88i ini juga menyediakan layanan kredit untuk masyarakat luas yang ingin membawa pulang mobil bekas.