3 Tips Mudah Edit Foto dan Video Secara Online

Aplikasi64 views

Foto dan video merupakan salah satu hal yang mungkin dianggap penting oleh berbagai kalangan semenjak bermunculan media sosial akhir-akhir ini. Foto dan video menarik biasanya akan banyak di tampilkan dalam berbagai media sosial, baik yang dimiliki oleh individu ataupun media sosial berbagai badan usaha. Secara umum tampilan foto dan video yang menarik tentunya akan banyak bermunculan di berbagai media sosial. Untuk mendapatkan hasil foto ataupun video yang menarik, tentunya proses editing akan diperlukan. Bagi kalian yang ingin menampilkan foto ataupun video yang menarik di sosial media kalian, proses editing foto dan video dapat kalian lakukan secara online, tanpa harus memasang aplikasi ataupun software tertentu.

Langkah pertama untuk dapat melakukan foto editing secara online yang harus kalian lakukan adalah mencari website editing foto dan video online yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh berbagai kalangan. Pilih dan pilah terlebih dahulu foto dan video mana yang akan kalian edit, dan pisahkan dalam folder tersendiri pada PC ataupun gadget yang kalian miliki. Pemisahan ini akan mempermudah kalian ketika harus melakukan up load foto ataupun video yang akan di edit pada website editing yang kalian pilih.

Untuk dapat memperoleh hasil foto dan video yang baik, dari proses editing online yang kalian lakukan, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

  • Potong dan pilih bagian utama pada foto ataupun video dengan metode cropping

Pada saat memotret ataupun melakukan perekaman video, pada umumnya akan terdapat background ataupun bagian-bagian lain yang memang tidak menjadi fokus tampilan akan ikut terekam dan menjadi bagian dari bagian foto ataupun video tersebut. Untuk menghilangkan bagian yang tidak ingin ditampilkan tersebut, kalian dapat melakukan metode cropping yang terdapat pada berbagai situs editing online. Pastikan kalian menggunakan ukuran garis cropping custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga lebih mempermudah kalian ketika melakukan cropping atau pemotongan tertentu pada foto dan video tersebut.

Untuk Cropping Video bisa dilakukan pada situs veed.io

Untuk Cropping Foto bisa dicek pada situs iloveimg.com

  • Luruskan foto ataupun video dengan bantuan garis horizontal atau leveling

Pada saat melakukan pengambilan foto ataupun video, biasanya posisi kamera tidak dapat seterusnya berada pada posisi tegak lurus, sehingga gambar dan video yang dihasilkan pun terlihat sedikit miring. Untuk mengatasi permasalahan kemiringan pada hasil rekaman ataupun photo yang akan kalian up load, gunakan bantuan garis horizontal pada situs editing foto online, dan gunakan metode leveling dengan cara menarik gambar tegak lurus sesuai dengan hasil yang kalian inginkan.

Untuk melakukan metode leveling pada video bisa cek pada situs veed.io

Sebaliknya untuk metode levelling pada gambar bisa cek pada situs photopea.com

  • Aturlah warna dan kecerahan foto dan video

Hasil jepretan foto dan rekaman video biasanya akan dipengaruhi oleh sistem pencahayaan yang ada di tempat pengambilan. Jika memang tempat pengambilan foto dan video tidak memiliki sistem pencahayaan yang bagus, maka dapat dipastikan hasil foto dan video akan memiliki warna yang tidak cerah dan cenderung gelap. Untuk mengatasi permasalahan inilah, maka foto editing online menyediakan menu khusus untuk mengatur warna dan tingkat kecerahan dari foto dan video yang akan kalian edit.

Untuk mengatur kecerahan pada video bisa cek pada situs veed.io / clideo.com

Untuk mengatur kecerahan pada gambar secara online bisa cek pada situs pinetools.com

Untuk mempercantik tampilan foto dan video yang akan kalian upload pada sosial media yang kalian miliki, manfaatkanlah menu attachment yang disediakan oleh situs foto editing online, yang biasanya berupa penambahan teks, sticker ataupun aksesoris lainnya. Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan oleh situs editing online ini, tidak hanya akan menekan budget pengambilan foto dan video kalian, namun sosial media kalian pun dapat memperoleh pengikut yang lebih banyak.