Vivo V30e 5G: Bodi Slim, Kamera Mumpuni, Baterai Awet

Gadget41 views

Vivo resmi meluncurkan V30e pada 2 Mei 2024 di Indonesia. Smartphone ini menawarkan desain yang ramping dan ringan, kamera belakang yang oke, serta daya tahan baterai yang diunggulkan. Berikut rangkuman spesifikasi dan kelebihan vivo V30e.

Desain Tipis dan Ringan

Vivo V30e hadir dengan layar AMOLED melengkung (curved) berukuran 6,78 inci. Layar ini menawarkan resolusi Full HD Plus (2408 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.300 nit. Menariknya, meski memiliki layar lega, bodi vivo V30e terbilang tipis dengan ketebalan sekitar 7,65 mm dan bobot sekitar 180 gram. Ini membuat vivo V30e nyaman digenggam dan dibawa kemana pun.

Kamera 50MP dengan Sensor Sony IMX882

Vivo V30e mengandalkan kamera belakang ganda. Kamera utama beresolusi 50MP menggunakan sensor Sony IMX882 yang dikenal mampu menghasilkan foto dan video berkualitas baik di berbagai kondisi pencahayaan. Kamera kedua beresolusi 8MP berjenis ultrawide yang cocok untuk memotret landscape atau ruang dengan area luas. Sementara di bagian depan, terdapat kamera 32MP untuk kebutuhan selfie dan video call.

Baterai 5500mAh dengan Fast Charging 44W

Vivo V30e dibekali baterai berkapasitas 5500mAh, kapasitas terbesar dalam seri V sejauh ini. Baterai ini diklaim mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal. Tak hanya itu, vivo V30e juga mendukung fast charging 44W yang dapat mengisi daya dengan cepat. Vivo menguji bahwa baterai ini dapat mempertahankan setidaknya 80% dari kapasitasnya setelah 1.600 siklus pengisian penuh, yang menunjukkan daya tahan baterai yang baik.

Performa Kencang dan Andalkan Funtouch OS 14

Vivo V30e menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (4nm) yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Kombinasi ini menawarkan performa yang kencang untuk penggunaan sehari-hari, seperti menjalankan aplikasi media sosial, browsing, hingga bermain game kasual.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14 dengan tampilan antarmuka Funtouch OS 14 khas vivo. Funtouch OS 14 diharapkan membawa berbagai fitur baru dan peningkatan performa dibandingkan versi sebelumnya.

Harga dan Ketersediaan

Vivo V30e hadir dalam dua varian warna, yaitu Giri Merah dan Banyu Biru. Informasi mengenai harga resminya di Indonesia belum diumumkan, namun bocoran harga yang beredar menyebutkan vivo V30e akan berada di kisaran harga Rp 5 jutaan.

Kesimpulan

Vivo V30e bisa menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari smartphone dengan desain tipis dan ringan, kamera belakang yang mumpuni, serta baterai yang tahan lama. Performa yang ditawarkan juga cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari. Namun, calon pembeli perlu menunggu informasi resmi mengenai harga sebelum memutuskan untuk membeli.