by

Seberapa Pentingkah Kebutuhan BPJS Kesehatan untuk Perusahaan?

Kebutuhan BPJS kesehatan untuk perusahaan menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan bagi perusahaan itu sendiri. Selaku lembaga yang banyak menggunakan jasa masyarakat atau yang disebut karyawan, tentu ada kewajiban tersendiri untuk melindungi dan menjamin kesehatan pekerjanya. Itulah kenapa, penting sekali untuk perusahaan mendaftarkan setiap karyawannya pada BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan yang juga dibarengi dengan pengelolaan iurannya.

BPJS Kesehatan untuk Perusahaan

Pada dasarnya, BPJS kesehatan untuk perusahaan maupun individu tidak jauh berbeda. Keduanya merupakan jaminan kesehatan yang dikelola oleh perusahaan. Ketika seseorang atau lembaga sudah mendaftarkan diri serta membayar iuran yang ada, maka kesehatannya sudah terjamin. Jika suatu saat individu tersebut atau orang yang termasuk pada suatu lembaga mengalami gangguan kesehatan, BPJS akan hadir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Setidaknya, ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya kebutuhan BPJS kesehatan ini untuk setiap perusahaan. Apa sajakah itu?

  1. Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Karyawan

Ketika Anda atau perusahaan mempekerjakan seseorang sebagai karyawannya, maka pihak perusahaan mempunyai tanggungjawab terhadap pekerja. Pasalnya, saat seseorang masuk kerja maka secara otomatis dia sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi segala macam hal yang akan terjadi pada dirinya. Itulah mengapa, perusahaan harus mampu menjamin bagaimana kondisi karyawannya karena mereka sudah masuk pada  bagian  perusahaan itu sendiri.

Kebutuhan BPJS kesehatan untuk perusahaan bisa menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap para karyawannya. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Presiden yang mana jaminan kesehatan adalah wajib diberikan oleh perusahaan kepada para pekerjanya.

Ketika tanggungjawab tersebut sudah dilakukan, maka secara otomatis perusahaan sudah menunaikan satu kewajibannya. Bukankah itu merupakan ciri perusahaan yang kredibel dan berintegritas?

  1. Perusahaan Tidak Perlu Membuat Jaminan Lain

Alasan lain yang mendasari pentingnya BPJS kesehatan bagi perusahaan adalah kebutuhan jaminan untuk karyawan jadi sudah terlaksana. Seperti yang diketahui, BPJS kesehatan mampu menjamin kesehatan para pendaftarnya. Pada dasarnya, kesehatan adalah hal yang penting untuk dijaga. Setiap orang tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatannya nanti.

Atas ketidakpastian kesehatan itulah, para pekerja harus diberi jaminan bahwa bagaimana pun kondisi kesehatannya, perusahaan bisa membantu agar karyawan tetap sehat. Hadirnya BPJS kesehatan bisa memberikan program jaminan kesehatan untuk tenaga kerja.

Perusahaan tidak perlu mengadakan program jaminan kesehatan lain. Atau jika karyawan sedang sakit, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membiayai pengobatan karyawan. Pasalnya BPJS mampu meng-cover-nya. Dengan alasan, iuran dibayar dengan tertib. Perusahaan bisa melakukan pembayaran iuran dengan memotong gaji karyawan, ada menyisihkan uang perusahaan untuk membayarnya.

  1. Kesehatan Karyawan Lebih Terjamin

Pekerjaan yang cukup berat, bisa mengganggu kesehatan setiap orang. Kebutuhan BPJS kesehatan untuk perusahaan adalah sebagai wujud jaminan yang bisa menjamin kesehatan masa depan setiap karyawan di perusahaan tersebut. Adanya iuran BPJS bertujuan untuk meng-cover setiap kebutuhan yang nantinya akan digunakan oleh pekerja saat sakit.

Ketika perusahaan mampu mendaftarkan, bahwa mengelola pekerjanya dalam mengikuti program BPJS secara otomatis kesehatan mereka sudah terjamin. Bahkan saat para karyawan sedang sakit, mereka tidak perlu memikirkan bagaimana membayar biaya perawatan, biaya periksa atau bahkan biaya untuk membeli obat.

Banyak sekali manfaat yang diberikan BPJS pada karyawan yang sudah didaftarkan oleh perusahaannya. Ketika sakit misalnya, karyawan sudah bisa mendapatkan layanan untuk rawap inap dan fasilitas kesehatan lain di rumah sakit rujukan BPJS.

Melihat beberapa alasan dan manfaatnya, tentu kebutuhan BPJS kesehatan untuk perusahaan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, bukan?

News Feed