Renovasi Interior Rumah dengan Tambahan Mezzanine

Bisnis32 views

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/brown-leather-couch-on-wooden-floor-8134760/

Mezzanine merupakan lantai tambahan dengan desain terbuka. Anda bisa mendapatkan ruang baru antara lantai dan plafon rumah. Tentunya tanpa perlu merombak total keseluruhan bagian rumah atau menambah lantai.

Meski begitu untuk membangun Mezzanine, Anda perlu menyiapkan dana untuk pemilihan material, pengerjaan, dan perabotan untuk mengisi ruangan yang baru. Anda dapat mengajukan pinjaman uang dengan bunga rendah dan pilih tenor cicilan yang paling sesuai.

Nantinya lantai yang baru ini bisa Anda gunakan untuk apapun. Misalnya ruang kerja, tempat bersantai, perpustakaan dan sudut baca, home theatre, dan fungsi-fungsi lainnya. Membangun lantai Mezzanine juga membuat Anda memiliki tambahan tempat penyimpanan barang (storage).

5 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membangun Lantai Mezzanine

Sebelum memilih desain lantai Mezzanine, Anda perlu memastikan beberapa hal. Supaya proses pengerjaan lantai bisa lebih efektif dan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini 5 hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membangun lantai Mezzanine:

* Ketinggian Rumah

Pertimbangan paling awal adalah ketinggian rumah. Karena Anda akan membuat lantai tambahan yang tidak direncanakan dari awal pembangunan rumah, maka Anda perlu menghitung ketinggian rumah.

Jika hunian Anda memiliki langit-langit yang tinggi, maka konsep Mezzanine akan sangat cocok. Sedangkan untuk rumah dengan langit-langit pendek, lantai Mezzanine justru akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Pastikan ketinggian lantai pas, sehingga Anda bisa berjalan dengan badan tegak baik di lantai atas ataupun di bagian bawahnya. Minimal, pastikan kepala Anda tidak akan terbentur.

Selain itu Anda juga perlu pertimbangkan luas lantai Mezzanine. Sebaiknya Anda membangun sepertiga dari luas keseluruhan ruangan. Agar sirkulasi udara dan pencahayaan tidak terganggu.

* Tentukan Fungsi Lantai Mezzanine

Sebelum membangun lantai Mezzanine, Anda sudah harus memikirkan ruang tambahan ini kan digunakan untuk apa. Karena desainnya semi terbuka maka akan cocok difungsikan sebagai tempat bersantai.

Siapkan sofa atau bean bag dan pasang home theatre. Apabila Anda ingin membuatnya jadi ruang kerja, maka tambahkan meja kerja, arm chair, dan lemari arsip.

Jika Anda ingin membuat tempat bermain anak, maka sediakan karpet, mainan dan buku milik anak. Serta pasang pagar yang cukup tinggi supaya anak bisa bermain dengan aman.

Anda juga bisa membuat lantai Mezzanine menjadi perpustakaan mini dan tempat penyimpanan barang yang dibuat estetik.

* Pilih Material Mezzanine

Lantai Mezzanine bisa terbuat dari material kayu, beton, dan juga baja ringan. Pilih berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian dengan konsep desain rumah Anda. Material kayu akan cocok untuk nuansa rumah yang hangat dan jika rumah Anda menggunakan lantai parket.

Sedangkan material baja ringan akan pas dengan desain interior konsep industrial dan minimalis. Proses instalasi lantai Mezzanine dengan baja ringan juga lebih cepat karena tidak perlu melakukan pengecoran. Kemudian untuk material beton, bisa diterapkan untuk konsep apapun. 

* Memilih Desain Tangga

Selain desain Mezzanine Anda juga perlu mempertimbangkan akan seperti apa bentuk tangganya. Ingin tangga bentuk melingkar atau lurus tanpa pegangan, apapun itu pastikan bentuk tangga menyatu dengan desain interior rumah.

Ukurannya sesuai dan pas agar tidak terlihat mempersempit ruangan. Karena tangga akan menjadi area penghubung yang sering diakses.

* Perhatikan Pengaturan Pencahayaan

Saat ingin membangun lantai Mezzanine, pastikan bagaimana sumber pencahayaannya. Anda dapat membuat jendela tambahan di lantai Mezzanine.

Dengan begitu sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan dan sirkulasi udara juga tetap terjaga. Atur juga letak lampu di lantai yang baru, agar Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup saat malam hari.

5 poin pertimbangan di atas sebaiknya sudah Anda putuskan akan seperti apa, sebelum mulai membangun Mezzanine.

Untuk biaya renovasi Anda bisa menggunakan pinjaman dana di bank, pilih jenis kredit dengan bunga rendah dan teliti saat memilih tenor cicilan. Dengan begitu Anda bisa segera merenovasi rumah tanpa perlu bingung lagi akan urusan dana. 

Pinjaman uang

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/s95oB2n9jng

Inspirasi Desain Lantai Mezzanine

Lantai Mezzanine selain fungsional dapat memberikan tampilan interior yang menarik. Karena itulah sebaiknya Anda merancang bagaimana desain lantainya. Berikut tiga contoh desain lantai Mezzanine:

* Model Japandi

Model Japandi adalah gabungan antara gayaJapanese dan Scandinavian. Ciri khasnya adalah konsep desain yang sederhana, multifungsi, namun tetap estetik. Gaya Japandi juga dikenal space saving yang berarti memaksimalkan fungsi ruangan.

* Mid-century Modern

Model mid-century modern merupakan perpaduan desain abad pertengahan yang vintage dengan desain modern. Ciri khas dari konsep desain ini adalah penggunaan jendela berukuran besar. Terdapat elemen kayu pada desain dan penambahan  furnitur berwarna coklat.

* Mezzanine dengan Tempered Glass

Anda dapat membuat lantai Mezzanine jadi terlihat modern dan mewah dengan material tempered glass dengan penahan metal. Kaca akan memberikan kesan luas di dalam ruangan.

Tempered glass bisa dipasang menjadi pagar atau pada sebagian lantai Mezzanine.

Bangun Lantai Mezzanine dengan Pinjaman Uang dari DBS KTA

Anda perlu menyiapkan dana yang cukup untuk dapat mendesain sendiri lantai Mezzanine. DBS KTA dapat menjadi solusi pembiayaan renovasi rumah. Anda bisa mengajukan pinjaman hingga Rp300 juta dengan bunga yang flat mulai dari 0,88%. Masa tenor bisa Anda atur hingga 36 bulan lamanya.

Persyaratan pengajuan juga mudah, Anda tidak perlu menyiapkan dokumen fisik. Cukup lampirkan e-KTP dan NPWP. Proses approval pinjaman hanya memakan waktu 3-5 hari kerja.

Persyaratan lainnya pastikan Anda berdomisili di Jabodetabek. Memiliki penghasilan  minimal Rp5 juta/bulan dan kredit di bank lain dengan limit Rp 10 juta.

Cari tahu info selengkapnya mengenai DBS KTA di https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Ajukan pinjaman uang sekarang dan mulai bangun lantai Mezzanine di dalam rumah Anda!