by

Panduan Memilih Sprei Berkualitas untuk Tempat Tidur Anda

Ingin memilih sprei berkualitas buat tempat tidur di kamar Anda? Memilih sprei memang bisa dilakukan dengan mudah. Anda tinggal memilih warna, bahan, ukuran dan motif sebelum kemudian melakukan pembelian. Pembelian juga bisa dilakukan dengan mudah. Di e-commerce Blibli, Anda tinggal menentukan pilihan dan melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang Anda sukai.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan sprei berkualitas, ada sejumlah hal yang harus diketahui dan dipahami. Panduan memilih sprei berkualitas di bawah ini bisa menjadi acuan Anda untuk menentukan sprei terbaik untuk tempat tidur di kamar Anda yang nyaman. Silahkan simak panduannya di bawah ini!

  1. Pastikan jenis bahan yang digunakan

Katun menjadi bahan yang paling aman untuk dipilih karena sifatnya yang lembut dan murah. Namun, jika Anda ingin memiliki sprei berkualitas, katun Extra Long Staple (ELS) seperti jenis Mesir atau Pima, bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan karena sifatnya yang jauh lebih lembut dan lebih tahan lama.

Namun, karena kualitasnya yang jauh lebih baik dari katun biasa, sprei yang menggunakan katun ELS memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Alternatif lain, Anda bisa memilih gabungan antara katun dan polyester. Namun, penggabungan ini memunculkan kesan bahwa bahan yang dipilih memiliki sensasi sintetik. Hal ini tak bisa dilepaskan dari bahan polyester, yang bisa menurunkan harga bahan secara keseluruhan, namun tetap tahan lama dan tidak gampang mengkerut.

Selain jenis bahan, Anda juga bisa menentukan sensasi yang ingin Anda dapatkan saat berada di atas sprei tersebut, seperti sensasi dingin ketika berada di kawasan tropis yang hangat, atau sensasi hangat ketika Anda berada di kawasan yang dingin. Faktor ketahanan bahan juga bisa menjadi penentu pemilihan produk.

  1. Jumlah utas bukan segalanya
    Teknik yang dilakukan produsen sprei untuk membuat produk berkualitas biasanya bisa dilihat dari jumlah utas yang dimiliki bahan di setiap satu centimeter persegi. Biasanya, jumlah utas ini bisa menjadi indikator kualitas material dan bahan yang digunakan, meski bukan menjadi pertimbangan utamanya.

Hasil tes yang dilakukan sejumlah pengendali kualitas menunjukkan jumlah utas antara 300 dan 500 ikatan menghadirkan sensasi lembut dan kuat, sementara untuk jumlah utas di bawah angka di atas menghadirkan sensasi yang tetap nyaman, tapi tidak jauh lebih lembut.

  1. Mengetahui perbedaan antara tenunan

Tenunan yang harus Anda perhatikan adalah tipe percale atau sateen. Percale merupakan tenunan dasar, yang menawarkan kesan yang simpel dan sederhana. Sementara sateen merupakan tenunan  satin yang menghasilkan sensasi lembut saat digunakan.

Perbedaan jenis tenunan ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih sprei terbaik. Namun, kebanyakan orang lebih memilih tenunan satin sebagai teknik tenunan untuk produk sprei yang dipilih.

  1. Jangan berasumsi sprei akan selalu pas dengan ukuran kasus Anda

Ukuran sprei memiliki standar tersendiri, seperti ukuran king atau queen. Namun demikian, ukuran tersebut tidak mewakili ukuran ketebalan dari kasur yang Anda miliki.

Jadi, untuk bisa memilih sprei terbaik untuk kasur Anda, pastikan untuk mengukur juga ketinggian kasur sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Hal lain yang juga harus masuk dalam pertimbangkan adalah kemungkinan penyusutan pada sprei setelah proses pencucian.

  1. Selalu memastikan ada kebijakan pengembalian saat pembelian

Anda tidak akan pernah tahu secara pasti jika tidak mengujinya secara langsung, dan hal ini berlaku mutlak untuk pembelian sprei buat kasur Anda. Bukan hal yang mudah mengetahui apakah sprei yang Anda beli memiliki ukuran yang pas, memiliki kenyamanan yang sesuai harapan atau bahkan corak yang sesuai pilihan.

Bagi yang melakukan pembelian secara online, termasuk yang melakukan pembelian di Blibli, pastikan ada kebijakan pengembalian barang jika memang produk yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Dengan begitu, Anda bisa tetap merasa aman sebelum memastikan mendapatkan sprei yang sesuai harapan.

  1. Mempertimbangkan isu lingkungan

Dengan meningkatnya kesadaran akan lingkungan, tidak sedikit produk yang mengusung isu peduli akan lingkungan, tidak terkecuali sprei. Isu lingkungan bisa dilihat dari penggunaan bahan yang organik atau ramah lingkungan.

Untuk bahan katun, perawatan biasanya membutuhkan banyak air dan zat kimia, yang berarti bahan ini tidak ramah lingkungan. Penggunaan serat katun bisa menjadi alternatif, namun ada pengaruh pada daya tahan dan kelembutan bahan.

Penggunaan bahan dari polyester bisa dijadikan pertimbangan, mengingat biasanya bahan ini dibuat dari plastik daur ulang. Namun, ada imbas tersendiri dari penggunaan bahan ini, yaitu sensasi yang panas dan tidak menyerap kelembaban.

Nah, sudah tahu tips dan cara memilih sprei berkualitas untuk kamar Anda, bukan? Hanya saja, sprei berkualitas bukan menjadi satu-satunya faktor yang bisa menentukan kualitas dan kenyamanan istirahat Anda, mengingat masih banyak aspek lain yang juga jadi pertimbangan, termasuk di antaranya kualitas bantal yang digunakan, penggunaan baju tidur hingga kondisi dan temperatur udara serta tingkat pencahayaan kamar dan masih banyak lagi lainnya.

News Feed