by

Manfaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu contoh sholat sunnah yang mempunyai banyak manfaat. Bahkan, sholat tahajud juga dianggap sebagai ibadah sunnah yang istimewa. Dalam Al-Qur’an sudah disebutkan bahwa salah satu manfaat sholat tahajud adalah membuat umat yang mengamalkannya akan diangkat menuju tempat terpuji disisi Allah SWT.

Sholat tahajud dapat dikerjakan kapan saja diantara waktu sesudah isya’ hingga masukkan waktu subuh. Akan tetapi, waktu paling disarankan untuk sholat sunnah tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat sholat tahajud yang akan didapatkan bagi mereka yang mau mengamalkannya.

Manfaat Sholat Tahajud

  • Penghapus dosa

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh para orang saleh. Karena, ibadah sunnah ini menjadikan manusia lebih dekat dengan Sang Pencipta. Sholat tahajud juga bisa menjadi media untuk penghapus dosa seseorang.

Mereka yang sering melaksanakan sholat tahajud bisa memperkuat iman serta menjauhkan diri dari melakukan perbuatan dosa. Rasulullah SAW bersabda bahwasanya sholat malam tidak hanya mampu menghapuskan dosan namun juga mencegah umat untuk berbuat dosa.

  • Melancarkan aliran darah dalam tubuh

Ibadah sunnah ini tidak sekedar untuk media berkeluh kesah pada Allah SWT saja, akan tetapi juga memberikan udara segar bagi organ tubuh. Karena, ibadah ini umumnya dilakukan pada malam hari, yang mana udara masih segar dan bersih sehingga mampu menyehatkan paru-paru yang menghirupnya.

Ketika melaksanakan sholat, tubuh juga akan menggerakkan otot-otot yang menjadikan aliran darah berjalan dengan lancar.

  • Membesarkan rongga paru-paru

Manfaat sholat tahajud berikutnya yakni memberikan pengaruh positif pada kesehatan manusia. Misalnya saat melakukan gerakan takbiratul ihram, bisa membuka bagian rongga paru-paru dengan lebih lebar. Hal ini dianggap mampu melancarkan aliran udara yang menuju ke paru-paru. Dengan demikian, paru-paru akan terasa lebih lapang.

  • Terlihat tanda takwa di wajah

Umat yang melaksanakan sholat tahajud akan memiliki wajah yang nampak bersinar. Ini sering menjadi tanda jika seseorang bertakwa pada Tuhan YME. Tanda ini umumnya bisa dilihat serta dirasakan oleh orang yang ada di sekitarnya.

  • Mendapatkan keringanan di akhirat

Manfaat sholat tahajud berikutnya yakni memperoleh keringanan di hari akhir kelak. Setiap orang pasti memiliki catatan pahala dan dosa yang akan diterima di akhirat. Apabila catatan dosa manusia lebih banyak dibandingkan dengan catatan amalannya, maka ia akan masuk ke neraka.

Akan tetapi, dengan melaksanakan ibadah sunnah sholat tahajud dengan rutin, maka umat muslim dapat memperoleh keringanan ketika tiba waktunya perhitungan aman. Allah akan memberikan manfaat ini pada mereka yang tidak berhenti mohon ampun serta berdoa dengan kusyu’ di sepertiga malam.

  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Secara bio-teknologi, riset baru menyatakan bahwa sholat tahajud dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Bukan hanya itu, ibadah sunnah ini juga dapat meningkatkan respon yang efektif sebagai anastesi prabedah. Alasan inilah yang membuat ibadah sunnah ini baik untuk dilakukan oleh penderita yang mengalami sakit berat sekalipun.

  • Menjadi jembatan agar bisa masuk ke dalam surga

Sholat tahajud secara rutin juga bisa menjadi jembatan agar kita bisa masuk ke dalam surga Allah SWT. Bagi anda yang ingin masuk surga, Rasulullah SAW menganjurkan untuk rajin melaksanakan sholat malam supaya jalan masuk menuju surga bisa dimudahkan.

Demikian ulasan mengenai manfaat sholat tahajud yang sangat beragam. Berbagai keutamaan sholat tahajud di atas bukan hanya untuk kehidupan di dunia saja tapi juga untuk kehidupan akhirat kelak, jadi mari kita perbanyak ibadah sunnah ini agar kita bisa bahagia di dunia dan akhirat.

Sumber: https://islamiques.net/

News Feed