by

Manfaat Penggunaan Geotextile Perlu Anda Ketahui

Pembangunan di arean yang curam memang membutuhkan proses yang lama dan alat-alat yang tidak sedikit. Karena pasti harus menyesuaikan kondisi pada tanah tersebut agar tidak mudah amblas (longsor). Tentunya menggunakan metode yang tepat dan juga teknologi yang modern. Akan tetapi untuk kita yang sebagai rakyat biasa pasti tidak akan sanggup menggunakan metode dan juga teknologi modern tersebut. Karena sudah pasti sangat membutuhkan biaya yang besar.

Akan tetapi kamu jangan khawatir karena sekarang sudah ada teknologi canggih juga yang dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk kamu yang berada di area yang curam atau di pegunungan yang memiliki kondisi tanah yang kurang stabil. Dan ingin melakukan pembangunan seperti rumah, Villa dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan teknologi Geotextile, sudah banyak juga yang jual Geotextile Non Woven – Merk Urban Plastic di pasaran. Atau kamu bisa langsung beli di sini.

Mungkin kamu belum paham dengan apa itu Geotextile bukan?

Geotextile adalah lembaran sintetik yang memiliki pori sehingga bersifat tembus air serta fleksibel. Dalam dunia geoteknik, geotextile berfungsi sebagai alat yang membantu menambah stabilitas pada dasar timbunan yang terletak di tanah yang lunak, serta dengan daya dukung rendah, kemudian pada pemukiman yang tinggi seperti pegunungan.

Penggunaan Geotextile ini sangat membantu dalam memperkuat tanah yang lunak dan kurang stabil, agar nantinya tidak mudah ambles, serta tentunya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan metode penguat tanah lainnya.

Geotextile sendiri memiliki dua jenis yaitu Geotextile Moven dan juga Geotextile Non Moven. Yang juga sudah banyak dijual di pasaran Indonesia. Untuk Geotextile Woven biasanya terbuat dari bahan yaitu Polypropylene polymer atau juga ada yang terbuat dari bahan polyester. Bentuk dari geotextile woven yaitu seperti lembaran yang seratnya ditenun. Sedangkan untuk geotextile non woven atau juga banyak yang menyebutkan sebagai filter fabric, yang memiliki bentuk yang juga hampir mirip dengan Geotextile Woven namun geotextile non woven pembuatannya yaitu dengan cara needle punch dan dipanaskan, kemudian untuk bahan dasarnya masih sama dengan Geotextile Woven.

Manfaat dari Penggunaan Geotextile

  1. Penyaringan

Fungsi yang pertama dari penggunaan geotextile adalah dapat memfiltrasi untuk membatasi migrasi partikel tanah halus yang dihasilkan dari massa tanah, akan tetapi tetap tetap permeable terhadap pergerakan air lebih besar dari atau juga paling tidak masih setara dengan permeabilitas tanah yang dilindungi.

  1. Untuk Drainase

Untuk air mengalir sepanjang jalan geotextile yang diakibatkan karena konstruksi dan kemudian berakhir ke stopkontak. Dan air juga dapat mengalir secara vertical atau juga horizontal. Fungsi drainase adalah sangat erat kaitanya dengan peran filtrasi, dan merupakan fungsi dari permeabilitas geotextile dan ukuran bukaan pori pada geotextile.

  1. Untuk Pemisahan

Geotextile juga berfungsi sebagai pemisahaan untuk mencegah dua tanah yang berbeda dari bahan yang berbeda pula dan nantinya akan mencampur. Faktor kunci untuk geotextile yang dapat memenuhi fungsi ini adalag pori-porinya, serta ketangguhan dan kekuatan.

  1. Untuk Penguatan

Geotextile juga bisa menguatkan dan melibatkan stabilitas massa tanah dengan pemberian kekuatan tarik ke sistem tanah ke dalam kain.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan geotextile, yang mungkin dapat membantu kamu. Intinya geotextile memiliki fungsi untuk menguatkan dan menstabilkan massa tanah. Tapi masih bisa digunakan lalu-lalang air yang ada di tanah tersebut kapukmas.co.id jual Geotextile Non Woven – Merk Urban Plastic.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geotextile merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui:
Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email: [email protected]

News Feed