by

Tips Membersihkan Paru-paru yang Kotor dari SehatQ.com

Mungkin diantara kita masih banyak yang sering merokok tapi masih belum sadar dari bahaya merokok. Namun ada juga yang telah sadar dan sudah berhenti merokok, akan tetapi masih ada masalah yang timbul dan sering kali menjadi pertanyaan, yaitu bagaimana fungsi paru-paru setelah berhenti merokok. Paru-paru sendiri bisa membersihkan sendiri dan akan dimulai setelah kamu menghisap rokok terakhir.

Setelah kamu berhenti merokok, paru-paru kamu akan mulai pulih dan beregenerasi secara perlahan. Untuk kecepatan pembersihan dan penyembuhannya tergantung dari pada berapa lama kamu merokok dan berapa banyak kerusakan yang ada di paru kamu akibat dari rokok tersebut. Selain mengandalkan sistem kerja mandiri dari paru-paru, kamu juga bisa melakukan beberapa langkah untuk menjaga kesehatan paru kamu. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kesehatan paru-paru kamu dari dokter spesialis paru.

Berolahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik seperti olahraga dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Kamu hanya tinggal berjalan-jalan di luar saja juga dapat membantu kantung udara di paru-paru tetap terbuka. Jika kantung udara di paru-paru tetap terbuka, maka paru-paru akan dapat menukar oksigen dan membawanya ke tempat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain berolahraga, ada juga hal-hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru setelah berhenti merokok.

  • Hindari Polutan (udara kotor)

Setalah berhenti merokok, kamu juga masih harus menghindari polutan yang disebabkan oleh asap rokok orang lain, debu, bahan kimia, dan jamur. Hal ini bisa mendorong fungsi paru-paru yang sehat. Kemudian udara yang sehat dan bersih juga dapat menurunkan produksi lendir dari paru-paru. Lendir yang dihasilkan oleh rokok dapat menghalangi saluran udara yang lebih kecil dan membuat sulit untuk mendapatkan oksigen.

Sebelum kamu menghabiskan waktu diluar, ada baiknya kamu memeriksa tingkat polutan di lingkungan yang akan kamu datangi. Jika setalah kamu mendapatkan informasi bahwa lingkungan tersebut memiliki kadar polutan yang rendah, maka kamu bisa lanjutkan kegiatan tersebut. Akan tetapi jika kadar polutan tersebut sedang tingi maka lebih baik jangan keluar dahulu, hal ini biasanya terjadi di area perkotaan yang padat kendaraan.

  • Rutin Meminum Air Hangat

Dengan mengkonsumsi atau meminum air putih secara rutin dalam jumlah 8 gelas dapat membantu mengencerkan lendir di paru-paru yang membuatnya dapat dibuang dengan mudah. Bukan hanya itu, dengan meminum cairan hangat juga dapat membantu menipiskan lendir, seperti teh, atau juga air hangat biasa juga bisa.

  • Teh Hijau

Dengan meminum teh hijau secara rutin dapat mencegah beberapa jensi penyakit paru. Ini dikarenakan teh hijau memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah beberapa jenis penyakit paru-paru.

Kerusakan Permanen di Paru-paru Akibat Rokok

Hal ini sangat penting untuk kita semua tahu, bahwa rokok dapat menyebabkan dua jenis kerusakan permanen pada paru-paru yang meliputi:

  1. Kerusakan Emfisema

Pada kerusakan emfisema, kantung udara kecil paru-paru yang di sebut dengan alveoli, dapat di hancurkan oleh merokok, kemudian akan menurunkan luas permukaan paru-paru. Sehingga paru-paru tidak dapat menukarkan oksigen yang dibutuhkan tubuh.

  1. Kerusakan Kronis

Kerusakan di paru-paru yang amat parah adalah kerusakan bronkitis kronis, yakni saluran udara kecil yang mengarah ke alveoli menjadi radang, sehingga mencegah oksigen masuk dan mencapai alveoli.

Untuk itu sebelum paru-paru kamu mengalami kerusakan seperti di atas, saran saya kamu ada baiknya memeriksakan kondisi paru kamu ke dokter paru, agar cepat ditangani dengan baik. Sehingga pencegahan akan sesegera mungkin dilakukan. Kamu juga bisa mencari dokter paru di sehatq.com dan lakukan booking pemeriksaan di layanan sehatq.com.

News Feed