by

Manfaat Membaca Surat Yasin

Dalam ajaran Islam, semua surat yang ada di dalam Al Quran termasuk Surat Yasin menjadi bacaan yang baik yang bisa diamalkan kapan saja. Siapa saja yang membaca Al Quran akan mendapatkan pahala yang cukup besar dari Allah Subhana wa Ta’ala.

Sedangkan Surat Yasin sendiri merupakan salah satu surat populer yang sering dibacakan kaum muslimin terutama pada hari Jumat. Selain itu, bacaan Surat Yasin ini juga dilakukan terutama untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Secara garis besar Surat Yasin mengandung 3 pokok pembahasan. Yang pertama, adalah membahas tentang keimanan. Yang kedua, adalah tentang informasi sejarah terkait seputar kehidupan masyarakat di suatu tempat yang syarat dengan nilai-nilai yang bisa diambil hikmahnya. Yang ketiga, Surat Yasin ini mengandung dali-dalil tentang kekuasaan Allah Subhana wa Ta’ala.

Selain akan mendapatkan pahala saat membacanya, Surat Yasin juga memiliki manfaat bagi orang yang membacanya. Berikut beberapa manfaat membaca Surat Yasin :

  1. Memperlancar Rezeki

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan rezeki yang melimpah. Nah, selain berusaha dengan keras anda juga bisa merutinkan membaca Surat Yasin sebagai wasilah pembuka rezeki. Bacalah Surat Yasin ini sepenuh hati dengan ikhlas yang selalu memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla.

Selain itu, anda juga harus tetap istikomah dalam menjalankan ibadah dan terus mengharapkan rezeki yang berkah dari Allah Subhana waa Ta’ala.

Bahkan, menurut Iman Ad-Darimi, siapa saja yang membaca Surat Yasin di pagi hari, maka segala aktivitasnya di hari itu akan dilancarkan Allah Subhana wa Ta’ala.

“Dan bila membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Kitab Sunan Ad-Darimi).

  1. Mendapatkan Berkah Dalam Hidup

Selain ingin mendapatkan rezeki yang melimpah, semua orang tentunya ingin juga mendapatkan rezeki yang berkah. Buat apa rezeki atau harta melimpah tetapi tidak berkah. Pasalnya, rezeki yang tidak berkah kurang bermanfaat, akan cepat habis dan tidak bisa dinikmati.

Nah, agar rezeki yang didapatkan berkah, anda bisa coba merutinkan membaca Surat Yasin di pagi hari. Hal ini tertera pada Sunan  Ad-Darimi.

“Siapa yang membaca Surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah.” (Kitab Sunan Ad-Darimi).

  1. Mendapatkan Kebahagiaan

Jika anda sedang merasa sedih, resah, dan gelisah. Cobalah anda membaca Surat Yasin setiap harinya sehingga hatipun menjadi lebih tentram, damai dan bahagia.

Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Rad : 28).

  1. Mendapatkan Ampunan Dari Allah

Selain akan mendapatkan keberkahan dalam hidup, dengan membaca Surat Yasin juga bisa menjadi sarana penghapusan dosa dari Allah Ta’ala.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radiyallahu anhu, Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda :

Artinya : “Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengn mengharap keridhoan Allah Subhana wa Ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At-Thabrani dan Al-Baihaqi).

  1. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat Surat Yasin lainnya adalah diyakini mampu mempermudah seseorang saat sakaratul maut. Hal ini terdapat dalam tafsir Al-Quran Al-Azhim :

“Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir Al-Quran Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

News Feed