Macam-macam Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia yang Harus Kamu Tahu!

Gaya Hidup32 views

Berikut pembahasan mengenai berbagai macam jasa pengiriman barang di Indonesia. Layanan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia jumlahnya sangatlah banyak. Dari mulai layanan pengiriman dalam negeri hingga luar negeri kini sudah bisa Anda akses dengan mudah dan cepat.

Jasa pengiriman barang tersebut bukan hanya melayani pengiriman barang berupa paket biasa saja. Namun ada banyak sekali jenis barang yang bisa mereka kirimkan baik antar kota, antar pulau bahkan hingga antar negara yang berbeda. Berikut ini ulasan singkat tentang macam-macam jasa pengiriman barang di Indonesia.

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah jasa pengiriman dan e-commerce yang cukup banyak sehingga berpeluang untuk kesempatan bisnis yang berkembang dengan baik. Di Indonesia sendiri layanan jasa pengiriman terbagi menjadi dua.

Yang pertama adalah jasa pengiriman milik negara yaitu PT Pos Indonesia yang bisa Anda baca penjelasannya disini “Jasa Pengiriman Pertama Indonesia“. PT Pos Indonesia saat ini sudah mengembangkan layanan-nya agar tak kalah saing dengan layanan jasa pengiriman swasta. Kini pengguna layanan jasa pos pun mulai bertambah jumlahnya.

Salah satu alasan menggunakan layanan jasa PT Pos Indonesia adalah karena jangkauan pengiriman yang luas sekaligus tarif yang murah. Layanan jasa pengiriman yang kedua adalah layanan jasa pengiriman swasta.

Dan yang kedua adalah jasa pengiriman swasta yang banyak dipakai oleh masyarakat saat ini seperti JNE, J&T, Wahana, Sicepat dan lain sebagainya. Untuk layanan jasa ekspedisi ini memiliki banyak sekali macam jenis pengiriman barang, berikut ini penjelasan singkatnya hanya untuk Anda.

Paket Reguler

Adalah jenis pengiriman paket yang bersifat reguler dengan estimasi sampai di alamat tujuan dengan lama pengiriman standar. Untuk lama standar pengiriman antar kota dalam satu pulau adalah sekitar 2 hingga 3 hari. Sedangkan jika dilakukan antar pulau bisa mencapai 5 hingga 7 hari pengiriman dengan catatan situasi bisa berbeda untuk setiap kota transit paket.

Paket Ekspres

Pengiriman paket jenis ekspres biasanya dipilih untuk Anda yang ingin mengirimkan paket dalam jangka waktu cepat. Perkiraan sampai paket di alamat tujuan untuk jenis ekspres pun berbeda-beda. Dari mulai sampai hanya dalam waktu satu malam saja atau sampai di keesokan harinya.

Biasanya jenis barang yang dikirimkan dengan menggunakan jenis paket ini adalah barang bahan makanan yang mudah busuk atau rusak jika tak segera disimpan dengan baik dan benar.

Paket Ekonomi

Jenis paket ekonomi adalah jenis pengiriman paket yang dipilih oleh mereka yang ingin mengirim paket dengan tarif terjangkau meski jangka waktu pengiriman menjadi lebih lama dari pengiriman paket reguler.

Umumnya standar lama pengiriman untuk paket ekonomi bisa berkisar antara waktu 4 hingga 6 hari lamanya untuk pengiriman paket antar kota dalam satu pulau sekalipun.

Paket Kargo Khusus

Jenis paket kargo khusus adalah macam pengiriman paket yang berisi barang elektronik atau kendaraan bermotor dengan bobot yang berat serta memiliki resiko rusak jika tak di packing dengan benar. Beberapa barang seperti lemari es, mesin cuci, kendaraan motor, mobil dan lainnya bisa dikirimkan antar kota, pulau hingga negara jika menggunakan paket kargo khusus.

Ada beberapa ketentuan khusus yang harus dipenuhi dan dipatuhi pengirim paket jika ingin mengirimkan barang dengan mudah dan aman. Yang jelas, paket jenis ini terhitung jauh lebih hemat ketimbang Anda mengirimkannya sendiri dengan menyewa jasa sewa mobil.

Paket Kargo Ekonomi

Sedangkan untuk jenis paket kargo ekonomi banyak dipilih oleh mereka yang melakukan bisnis. Baik untuk penjualan maupun penyediaan stok barang bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan paket kargo ekonomi.

Paket ini melayani pengiriman barang dengan jumlah berat di atas 5 atau 10 Kg dengan tarif pengiriman yang sangat murah serta terjangkau. Banyak yang memilih jenis paket ini karena bisa mengirim barang dalam jumlah banyak tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirimnya.

Paket Dokumen Penting

Kemudian macam pengiriman paket yang terakhir adalah jenis paket dokumen penting. Dalam layanan jasa pengiriman, juga tersedia layanan pengiriman dokumen penting yang banyak dilakukan oleh para pebisnis atau perusahaan penting. Pengiriman ini harus dilakukan oleh jasa pengiriman yang terpercaya apalagi mengingat sifat dokumen yang rahasia dan penting.