by

Jarang Diketahui, Ini Dia Jenis dan Fungsi dari Trafo

Siapa yang tidak mengenal trafo? Pada umumnya, trafo merupakan singkatan dari transformator. Secara istilah, trafo atau transformator adalah serangkaian alat yang memindahkan tenaga listrik dari beberapa rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Dalam praktiknya, alat ini berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik.

Nah, banyak yang tidak mengetahui jenis dan fungsi dari trafo. Apa saja itu?

  1. Trafo step up

Trafo step up merupakan jenis trafo yang biasa digunakan dalam rangkaian-rangkaian pembangkit tegangan pada perangkat elektronika, di antaranya seperti trafo inverter monitor LCD, trafo inverter TV, dan lain sebagainya.

Fungsi dari trafo ini adalah untuk menaikkan tegangan. Selain itu, fungsi trafo ini juga dapat digunakan dalam proses penaikan tegangan AC.

  1. Trafo step down

Kebalikan dari trafo step up, trafo step down justru berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik.

  1. Trafo isolasi

Trafo isolasi adalah trafo yang berfungsi untuk mengisolasi tegangan input dan tegangan output.

Trafo isolasi sering digunakan pada rangkaian inverter yaitu rangkaian untuk mengubah tegangan DC menjadi tegangan AC saja dengan besar tegangan sama.

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis dari trafo beserta fungsinya, mungkin kamu berkeinginan untuk merawat trafo dengan baik. Disarankan kamu menggunakan jasa perawatan trafo agar hasilnya maksimal.

Dengan jasa tersebut, trafomu akan dirawat dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Selalu memeriksa magnetic oil gauge (MOG) dari tangki utama dan tangka konservatori
  • Cek silika gel dan ganti jika warnanya sudah berubah menjadi merah muda
  • Periksa kebocoran
  • Periksa kebersihan silika gel untuk menjaga lubang pernapasan di silika gel
  • Memeriksa kipas udara dan pompa oli yang berguna untuk mendinginkan trafo dan sirkuit kontrol
  • Dan lain-lain

Sewatama dapat merawat trafomu dengan baik sehingga menjaga performanya agar tetap stabil dan kuat. Bagaimana tidak, perusahaan ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun dalam dunia kelistrikan. Melalui jasa perawatan dari mereka, otomatis listrikmu tidak akan mengalami gangguan dalam jangka waktu panjang.

News Feed