Jadah Tempe, Kuliner Legendaris Yogyakarta yang Unik dan Ikonik

Maknan133 views

Jadah tempe, adakah di antara kalian yang belum pernah mendengat nama kuliner satu ini? Jadah dan tempe atau jadah yang diadon bersamaan dengan tempe? Penasaran ya, yuk simak ulasan berikut sampai selesai.

Yogyakarta bukanlah kota yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan Dunia. Selain terkenal dengan budaya dan pariwisatanya, kota ini juga terkenal dengan kuliner yang khas dan beraneka ragam. Salah satu kuliner khas daerah istimewa ini adalah Jadah Tempe.

Konon jadah tempe ini merupakan salah satu kudapan favorit keluarga keraton, khususnya keluarga Sultan Hamenkubuwono IX.  Dilansir dari tirto.id kudapan ini mulanya adalah sebuah persembahan dari salah seorang abdi dalem bernama Sastrodinomo untuk keluarga Keraton Yogyakarta. Persembahan tersebut merupakan sebuah bentuk penabdian seorang abdi dalem seperti Sastrodinomo. Karena unik, dan orang-orang Istana banyak yang suka Sastrodinomo pun membuka sebuah warung kecil dan mulai menjual Jadah Tempe pada tahun 1950.

Jadah tempe merupakan perpaduan dua makanan yaitu, jadah yang terbuat dari ketan dan tempe yang dimasak menggunakan bumbu bacem. Bagaimana, sudah terbayang? Kontras memang, jadah yang rasanya gurih dimakan bersamaan dengan tempe bacem yang manis legit. Unik sekaligus menggambarkan sekali ciri khas kuliner Yogya yang terkenal manis. Ikonik.

Apa itu Jadah Tempe?

Apa itu jadah tempe jogja? Pastinya Anda masih sangat asing mendengar nama kuliner ini, nah agar Anda tidak penasaran lagi. Sebaiknya simak berikut ulasan mengenai pengertian dari kuliner Jadah Tempe berikut ini.

Itu merupakan salah satu camilan masyarakat lokal kota Jogja yang menyajikan dua jenis makanan berbeda yang dibuat menjadi satu. Makanan ini tergolong dalam kuliner tradisional yang memiliki perpaduan rasa sangat unik.

Dua jenis bahan makanan yang berbeda antara tempe dan jadah dijadikan dalam satu jenis makanan.

Makanan ini memiliki keunikan rasa tersendiri yang menjadi ciri khas kota tersebut. Mungkin Anda sudah dapat membayangkan rasa nikmat disetiap gigitan makanan ini. Nah apabila Anda ingin membeli makanan tersebut simak pada ulasan berikut ini.

Beli Dimana Jadah Tempe?

Beli di mana jadah tempe itu? Untuk mendapatkan camilan tradisional yang satu ini, sebenarnya sangat mudah Anda temukan jika berlibur ke kota Jogja. Seperti halnya Anda dapat menemukannya di daerah wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta dan jangan lupa belinya di jadahmbahtin.com.

Di sana Anda dapat menemukan banyak penjual yang menjajakan camilan khas yang satu ini. Selain itu Anda bisa menemukan makanan ini di pasar tradisional daerah Sleman. Nah jika Anda merupakan salah satu pecinta kuliner atau jajanan tradisional.

Makanan ini dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi pilihan yang sangat tepat untuk memanjakan lidah Anda.

Terbuat Dari Apa Jadah Tempe?

Terbuat dari apa jadah tempe? Mungkin Anda sudah mengetahui bahan dasar makan yang satu ini dari namanya saja sudah bisa ditebak. Ya makanan yang terbuat dari tempe dan jadah ini merupakan perpaduan dua jenis bahan makanan tradisional yang mudah ditemukan di pasar.

Untuk tempe yang dibuat sebagai bahan utama camilan tradisional ini adalah tempe bacem yang sudah digoreng. Sedangkan jadah merupakan makanan yang terbuat dari ketan dengan campuran kelapa parut.

Maka rasa yang dihasilkan dari makanan tersebut sangat gurih dan lebih nikmat sebagai camilan untuk menemani minum teh atau kopi Anda. Ketan tersebut di rendam terlebih dahulu, setelah itu dicuci sampai bersih.

Kemudian ketan ditumbuk dicampur dengan parutan kelapa setelah itu dibentuk persegi panjang pipih dan dikukus.

News Feed