by

Ingin Menjadi Pemain Tenis Meja yang Profesional? Ini Dia Tipsnya!

Bagi Anda yang ingin serius bermain tenis meja maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa saja itu? Yuk, kita bahas satu persatu dan harapannya bisa dijadikan sebagai referensi.

Bermain ping pong bagi sebagian besar orang hanyalah aktifitas yang menghabiskan waktu bersama teman. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti bagaimana memukul dengan kuat dan terarah, bagaimana melakukan servis dan lainnya. Begitu juga dengan mereka yang ingin lebih menekuni secara intensif permainan yang menggunakan net atau jaring ini. Ada beberapa tips yang bisa Anda kerjakan agar ahli di permainan ini seperti :

Menentukan target

Hal ini penting guna meningkatkan kemampuan di setiap levelnya. Untuk itu, tentukan target jangka panjang maupun pendek dan berusahalah untuk mematuhinya. Tulis di kertas atau di tempat yang terlihat apa saja yang ingin dicapai di waktu tertentu termasuk melengkapinya dengan strategi apa saja yang perlu dilakukan.

Menggunakan peralatan yang berkualitas

Jika ingin serius di permainan ini seperti pemain profesional, maka Anda harus menggunakan peralatan yang terbaik. Jika bisa, gunakan apa yang dipakai oleh pemain tersebut. Untuk memudahkan Anda memilih alat apa saja yang digunakan bisa mencontoh idola atau pemain yang sedang memegang tampuk prestasi di dunia. Dari sini nantinya Anda menentukan pilihan alat apa yang sebaiknya digunakan.

Peregangan

Hal ini sebaiknya tidak diabaikan mengingat cara ini bisa menghindarkan Anda dari resiko cidera. Lakukan setidaknya 10 menit sebelum dan sesudah latihan dengan gerakan sederhana. Panaskan badan dengan beberapa gerakan seperti jogging misalnya sekitar 5 hingga 6 menit. Kemudian, lakukan peregangan dari semua otot mulai dari jari kaki hingga kepala. Jika dilakukan dengan benar maka akan meningkatkan kelenturan, membuat tubuh siap untuk bergerak dan mengurangi cidera.

Latihan tanpa menggunakan meja

Tidak harus berlatih menggunakan meja tenis, namun Anda bisa memulainya dengan berlari, berenang, berjalan hingga bersepeda dengan tujuan untuk meningkatkan permainan tenis meja Anda. Lakukan setidaknya 2 hingga 3 kali selama kurang lebih 15 sampai 20 menit untuk jenis aktifitas yang dipilih.

Tujuannya adalah agar tubuh Anda semakin baik dalam melakukan permainan di setiap akhir turnamen. Jika perlu, lakukan diskusi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan saran medis.

Menemukan teman tim

Faktor ini cukup penting dengan tujuan agar memudahkan Anda untuk berlatih secara reguler. Rencanakan sebanyak mungkin latihan dengan beragam orang yang memiliki level permainan berbeda agar kualitas bermain Anda kian meningkat.

Menggerakkan kaki

Latihan footwork yang dilakukan secara rutin akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pukulan yang terbaik selama masa pertandingan. Semakin banyak arah dimana langkah kaki Anda mudah dalam hal penempatan akan membuat Anda semakin mudah membalikkan bola. Lakukan secara konsisten termasuk menghitung jumlah pukulan yang dilakukan dengan posisi berbeda.

Melakukan latihan servis

Untuk yang satu ini Anda tidak membutuhkan partner untuk melatihnya. Siapkan saja bola dalam jumlah banyak dan ruangan kosong dan berlatihlah. Gunakan sebanyak mungkin gerakan yang berbeda dan dapatkan keahlian Anda. Pelajari teknik servis pendek yang bertujuan untuk membuat lawan diserang dan servis panjang untuk mengejutkan lawan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan saat memutuskan untuk serius pada permainan tenis meja yang memang menyenangkan. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah semakin sering dilatih maka hasilnya akan jauh lebih maksimal. Selamat berlatih!