by

Tips Bisnis Kuliner yang Menggiurkan

Anda tertarik untuk menggeluti usaha kuliner? Cabang bisnis ini memang merupakan salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan. Keuntungan bisa didapat dengan mudah mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Bagi anda yang berminat untuk mencoba terjun dalam dunia bisnis kuliner, berikut beberapa tips yang sebaiknya anda perhatikan.

  • Modal awal usaha

Tips yang paling penting dalam memulai bisnis kuliner yaitu mempersiapkan modal. Apabila anda tikda memiliki cukup modal, maka anda bisa menutupi kekurangan modal tersebut dengan berbagai cara. Contohnya mencari rekan yang dapat diajak berkolaborasi, meminjam modal ke bank atau koperasi.

  • Lokasi usaha

Tips berikutnya adalah menentukan lokasi bisnis yang banyak dilewati atau dikunjungi banyak orang. Ketika menentukan tempat usaha anda juga perlu memperhitungkan besar modal yang harus anda keluarkan.

  • Menu Favorit

Sebelum membuka usaha, ada baiknya anda melakukan riset mengenai menu yang ada di pasaran terlebih dahulu. Lalu, pilihlah menu yang sekiranya belum banyak dipasarkan untuk mengurangi tingkat persaingan. Akan tetapi, pilihan menu yang anda tentukan harus disesuaikan dengan konsumen atau target pasar.

  • Pemasok bahan baku

Mempunyai pemasok tetap yang bisa memasok semua bahan baku untuk produksi jualan anda setiap harinya sangat disarankan agar proses produksi anda berjalan lancar. Selain dapat memperoleh harga yang lebih terjangkau, anda juga bisa menjadi orang yang dipercaya jika suatu saat berada di situasi sulit maupun terjepit modal.

Disamping itu, anda juga bisa menjadi prioritas apabila suatu saat terjadi kelangkaan bahan baku untuk produk anda. Pastikan anda mempunyai lebih dari satu produsen pemasok untuk alternatif apabila pemasok lain tidak dapat menyediakan permintaan.

  • SDM (Sumber Daya Manusia)

Idealnya, pekerja atau karyawan dibagi menjadi kelompok kasir, pelayan dan tukang masak. Akan tetapi, jika bisnis anda masih tergolong kecil, maka seorang asisten saja sudah cukup untuk membantu pekerjaan anda.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesejahteraan pekerja dengan memberikan gaji yang sepadan sekaligus tepat waktu. Ini sangat penting untuk menjaga kestabilan kesiapan dan keterampilan karyawan.

  • Target pemasaran

Menyesuaikan target pasar dengan jenis usaha kuliner anda menjadi salah satu trik sukses dalam menjalankan bisnis kuliner. Meskipun anda menawarkan harga yang sangat murah, apabila tidak sesuai selera pembeli, maka dapat menjadi kendala.

  • Promosi yang tepat

Apabila anda berhasil memuaskan konsumen dengan produk jualan anda, bukan tidak mungkin promosi produk dari mulut ke mulut saja bisa menjadi cara promo yang sukses. Selain itu, anda juga bisa promosi produk melalui media sosial. Sekarang ini sudah banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk anda dengan mudah.

Tips promo yang sering dilakukan bagi para pebisnis kuliner baru adalah memberikan diskon tertentu dalam masa pembukaan tempat dagang. Anda bisa menggunakan trik ini untuk membuat konsumen mengenal citarasa kuliner anda.

  • Perizinan usaha

Demi kenyamanan dan keamanan usaha, anda bisa mengurus surat izin usaha di instansi pemerintahan maupun pihak berwenang setempat. Apabila bisnis anda semakin berkembang, anda bisa mengurus NPWP untuk usaha anda, mengurus sertifikat halal ke MUI atau perizinan di Kementerian Kesehatan.

Nah, demikian beberapa tips bisnis kuliner yang sebaiknya anda perhatikan saat ingin membuka usaha kuliner yang menggiurkan. Dengan beberapa tips diatas, diharapkan bisnis anda bisa berjalan lancar dan berkembang pesat sesuai harapan anda. Untuk mendapatkan tips bisnis menarik lainnya, bisa mengunjungi laman https://www.dolarhijau.com.

News Feed