by

Emas Tanpa Surat Apakah Laku Dijual atau Tidak? Berikut Faktanya

Emas tanpa surat apakah laku dijual – Salah satu tujuan Anda ketika membeli perhiasan emas tentunya adalah sebagai tabungan jika suatu saat secara tiba-tiba Anda butuh dana. Emas merupakan aset yang likuid, atau mudah dijual kapan saja ketika Anda membutuhkan uang. Tak heran, banyak orang yang memilih menginvestasikan uang mereka pada emas.

Permasalahan yang sering terjadi ketika orang akan menjual emas adalah hilangnya surat atau sertifikat yang menyatakan keterangan tentang emas tersebut. Anda pun lantas bertanya, kira-kira emas tanpa surat apakah laku dijual di toko emas resmi?

Pertanyaan tentang emas tanpa surat apakah laku dijual memang banyak diajukan oleh para pemilik emas yang kehilangan surat emas mereka. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus Anda pahami jika surat perhiasan Anda hilang.

Emas Tanpa Surat Apakah Laku Dijual?

Dalam setiap transaksi jual beli emas, biasanya Anda akan mendapatkan secarik kertas atau surat yang menyatakan tentang kondisi emas tersebut. Di Indonesia umumnya bentuk surat perhiasan menyerupai kwitansi pembelian emas. Bentuknya yang kecil dan mudah terselip membuat surat ini mudah hilang.

Emas yang tidak disertai dengan surat tentu masih bisa dan laku dijual, hanya saja harga yang ditawarkan akan jatuh dari harga normal. Ini karena surat perhiasan merupakan tanda bukti tentang keaslian emas, sekaligus identitas emas mengenai dimensi berat dan kadarnya.

Tanpa adanya surat perhiasan tentu saja keaslian, berat serta kadar emas tersebut jadi meragukan. Itulah mengapa harga jualnya menjadi anjlok.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Akan Menjual Emas Tanpa Surat

Kini Anda sudah tahu jawaban atas pertanyaan emas tanpa surat apakah laku dijual. Selanjutnya, Anda harus memahami beberapa hal agar harga jual perhiasan tidak terlalu jatuh meskipun dijual tanpa menggunakan surat-surat resminya.

Perhatikan Tempat Penjualan Emas

Jika Anda ingin menjual emas tanpa surat di jogja maka usahakan untuk menjual perhiasan tersebut di tempat Anda membelinya. Meskipun tanpa surat, sang pemilik toko emas biasanya sudah hafal dan paham betul dengan jenis dan karakteristik emas yang mereka jual. Dengan begitu harga jual yang Anda terima tidak akan begitu anjlok ketimbang menjualnya di toko lain.

Kondisi emas harus bagus

Saat Anda akan menjual perhiasan tanpa surat, pastikan bahwa emas dalam kondisi bagus. Misalnya tidak patah, tidak ada bekas cacat, atau permata yang masih utuh.

Kondisi emas yang bagus membuat harga jual emas Anda masih cukup bagus meskipun tanpa surat. Namun jika kondisi emas yang akan Anda jual sudah cacat, maka harga jualnya akan semakin anjlok.

Ketahui kurs emas

Penting bagi Anda untuk mengetahui kurs emas saat Anda akan menjual emas bahkan saat tidak ada surat sekalipun. Usahakan agar menjual emas ketika kurs emas sedang naik, dengan begitu selisih harga yang Anda dapatkan tidak terlalu besar, atau paling tidak Anda tidak merugi meskipun menjual perhiasan tanpa surat.

Meskipun beberapa cara di atas bisa meminimalisir kerugian akibat hilangnya surat-surat perhiasan, akan tetapi lebih baik Anda mengantisipasinya dengan menjaga baik-baik surat tersebut. Pastikan untuk menyimpan surat-surat berharga di tempat yang aman, yang jauh dari jangkauan anak kecil, kering dan tidak lembab serta aman dari rayap.

Semoga ulasan mengenai emas tanpa surat apakah laku dijual di atas dapat membantu Anda yang akan menjual perhiasan tanpa surat.

News Feed