by

Ciri-ciri Akun Facebook Kalian Diretas dan Cara untuk Memulihkannya

Facebook sendiri merupakan salah satu media sosial yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh para masyarakat bukan hanya di Indonesia melainkan sudah sampai dunia. Saat ini akun media sosial khususnya Facebook sangat rentan sekali dengan peretasan, ada banyak sekali tanda-tanda jika akun kalian sedang diretas oleh orang lain tetapi sayangnya kalian tidak menyadari itu.

Dan tentu saja pastinya kalian semua khususnya para pengguna Facebook merasa sangat khawatir dan takut jika akun kalian terkena retas. Dan hal ini juga menjadi sebuah masalah tersendiri, karena jika akun kalian diretas itu artinya privasi kalian pastinya akan terbuka dan tersebar ke mana-mana. Mulai dari chat kalian yang bisa diintip oleh peretas sampai akun Facebook kalian diambil dan juga dijalankan oleh para peretas tanpa sepengetahuan dari kalian.

Dalam situs resmi miliknya, Facebook sendiri sudah mengungkapkan jika ada beberapa cara untuk mengetahui akun Facebook kita sedang diretas, berikut ini biggu.com akan memberikan kalian beberapa cara untuk mengetahui akun Facebook kalian sedang diretas atau tidak. Simak beberapa cara di bawah ini.

Ciri-ciri Akun Facebook Kalian Diretas

  • Hal pertama yang terjadi ketikan akun Facebook sedang diretas di timeline atau beranda Facebook kalian tiba-tiba saja ada status baru dan kalian tidak merasa jika sudah membuat status seperti itu.
  • Ada sebuah aktifitas di messenger pada kontak masuk kalian, hal ini biasa dilakukan jika ada orang terdekat kalian yang usil dan ingin mengatasnamakan akun Facebook kalian untuk melakukan keinginannya.
  • Walaupun tidak ada status terbaru dan juga messenger yang sudah dilakukan oleh pelaku peretas, tetapi teman kalian bisa melihat aktifitas dari kalian yang sedang online padahal pada saat itu kalian sedang tidak membuka akun atau aplikasi Facebook kalian.
  • Ada sebuah notifikasi login dari perangkat yang tidak kalian kenal muncul di email milik kalian, atau bisa juga melalui aplikasi Facebook nya sendiri atau melalui messenger. Tetapi jika sebelumnya kalian belum pernah mengatur pemberitahuan login dari alamat email kalian, maka kalian juga tidak akan mendapatkan notifikasi via email.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Sudah Diretas

Periksa email

Jika kalian tidak bisa masuk ataupun tidak bisa login ke akun Facebook milik kalian karena akun kalian diretas, kalian harus segara memeriksa email kalian. Facebook juga akan mengirimkan email kepada kalian ketika ada sebuah aktivitas yang sangat mencurigakan di akun Facebook kalian. Kalian bisa klik pada bagian ‘Lupa kata sandi’ jika kalian tidak bisa login ke akun kalian.

Ganti kanta sandi segera mungkin

Jika akun kalian sebelumnya sudah pernah atau habis diretas, sebaiknya kalian segera ganti kata sandi akun Facebook kalian. Di bawah ini adalah cara-cara untuk mengubah kata sandi akun kalian menjadi lebih aman.

  • Buatlah kata sandi baru kalian yang mudah diingat oleh kalian, tetapi sangat susah ditebak oleh orang lain.
  • Kata sandi untuk akun Facebook kalian harus berbeda dengan kata sandi yang kalian gunakan untuk login di akun media sosial kalian yang lain.
  • Dengan menggunakan kata sandi yang lebih panjang itu biasanya menjadi lebih aman.
  • Kata sandi yang akan kalian gunakan tidak boleh berupa nama email, tanggal lahir, atau nomor telepon kalian.
  • Gunakan juga perpaduan antara huruf besar dan huruf kecil.

Pulihkan akun Facebook kalian

Jika kata sandi untuk akun Facebook kalian sudah kalian ubah, tetapi kalian tetap tidak bisa masuk. Kalian bisa memulihkan akun Facebook kalian dengan cara kunjungi https://www.facebook.com/login/identify kemudian kalian bisa cari nama, nomor telepon atau email dari akun kalian dan selanjutnya kalian bisa ikuti langkah-langkah yang sudah di berikan oleh Facebook.

News Feed