Cari Tahu Kandungan Penting Susu Pertumbuhan untuk Anak

Kesehatan89 views

Apakah sudah mengetahui kalau masa krusial tumbuh kembang anak terjadi pada dua tahun pertamanya? Jika asupan pada masa ini tidak tercukupi dengan baik, Si Kecil bisa mempunyai risiko stunting. Lalu apa saja kandungan susu yang baik untuk anak simak artikel ini sampai dengan selesai.

Stunting adalah kondisi di mana anak kekurangan asupan nutrisi yang bisa dilihat ciri-cirinya dari tinggi badan yang tidak ideal dari anak seusianya. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi pada buah hati bukan?

Nah, untuk mencegahnya, kamu harus memastikan kalau Si Kecil sudah mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Moms bisa memberikannya berbagai jenis makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin, seperti sayur dan buah-buahan.

Namun, selain memberikan Si Kecil makanan bergizi, kamu bisa melengkapi nutrisinya lagi dengan susu pertumbuhan. Di mana di dalam susu pertumbuhan juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh Si Kecil untuk tumbuh berkembang.

Apa saja kandungan susu yang baik untuk anak .Yuk kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Kalsium

Di dalam susu sapi, kalsium menjadi kandungan terbesar yang bisa didapatkan. Kalsium menjadi zat yang diperlukan oleh tubuh Si Kecil untuk menunjang pertumbuhan tulang dan giginya. Kalsium di dalam susu juga berperan sebagai penghantar impuls saraf serta pembekuan darah lho Moms.

2. Fosfor

Fosfor bermanfaat untuk menyeimbangkan asam basa di dalam tubuh Si Kecil dalam mendukung proses pembentukan struktur tulang dan giginya supaya lebih kuat. Selain di dalam susu pertumbuhan, kamu juga bisa memenuhi asupan fosfor dari sumber lain seperti telur, cokelat, kacang-kacangan, kentang, dan bawang putih.

3. Magnesium

Magnesium juga dibutuhkan sebagai elemen yang penting bagi kesehatan tulang anak,ujar Steven Abrams, seorang profesor pediatrics Baylor College of Medicine di Houston. Magnesium sangat penting untuk menjaga tulang Si Kecil tetap kuat dan detak jantuk tetap stabil.

4. Vitamin D

Vitamin D termasuk zat penting yang dibutuhkan Si Kecil untuk tulangnya. Vitamin D juga bisa Moms temukan dari hati sapi, salmon, kuning telur, keju, dan yoghurt. Jika Si Kecil kekurangan Vitamin D akan mempunyai kemungkinan pertumbuhannya terhambat dan tidak maksimal

5. Protein

Protein merupakan zat yang membawa banyak fungsi bagi tubuh. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan dengan orang dewasa. Zat ini berfungsi sebagai penguat struktur, pertumbuhan, penguat imunitas, katalisator, dan neurotransmiter.

Protein banyak diperlukan bagi jaringan tubuh untuk membentuk otot, tulang, sistem tubuh, dan organ tubuh. Saat ada jaringan tubuh yang rusak, maka protein akan bekerja untuk menggantinya. Selain itu, protein juga diperlukan untuk pembentukan hemoglobin yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itulah si Kecil sangat membutuhkan protein dalam tiap asupannya. Susu hadir untuk mencukupi kebutuhan protein si Kecil di samping sumber protein lainnya.

6. Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak yang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksi, maka omega 3 harus disuplai melalui asupan tambahan. Sumber makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan makarel.

Namun kini sudah banyak kandungan susu berupa omega 3 untuk memberikan banyak manfaat bagi si Kecil di masa emasnya. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kesehatan mental, mencegah berbagai penyakit, dan meningkatkan kemampuan membaca.