by

Beli Tiket Kereta Api Online? Ada Beberapa Hal Yang Wajib Diperhatikan

Mode transportasi yang tidak pernah turun pamornya, kereta api memang menjadi pilihan transportasi kebanyakan masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan pesawat, harga tiket kereta api jauh lebih murah. Belum lagi, fasilitasnya sekarang sekelas dengan pesawat. Sudah ada AC, makanan lezat, tempat duduk nyaman dan pelayanan yang ramah. 

Kemudahan semakin terasa dengan pembelian tiket kereta api sekarang yang bisa dilakukan secara online. Anda bisa membeli di situs resmi PT. KAI atau di Traveloka di link berikut ini: https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api. Jadinya, tak perlu lagi repot – repot untuk mengantri di loket dan takut kehabisan tiket kereta. Nah, buat Anda yang memang ingin melakukan booking tiket kereta api secara online, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan seperti berikut ini.

Booking jauh – jauh hari

Namanya juga mode transportasi orang Indonesia, jadinya kereta api selalu tidak pernah sepi penumpang. Untuk mengantisipasi kehabisan tiket kereta api, lebih baik booking jauh – jauh tiket kereta secara online. Biasanya PT. KAI sudah bisa melakukan pemesanan tiket kereta H-90 sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, minimal Anda membeli tiket kereta api satu bulan sebelum tanggal keberangkatan biar gak kehabisan.

Lagian dengan booking jauh – jauh hari, pasti akan sepi peminat. Sehingga masih banyak jenis kereta api yang tersedia. Anda bisa mendapatkan sesuai dengan budget. Selain itu, Anda juga bisa dengan leluasa memilih gerbong dan tempat duduk sesuai keinginan sehingga selama perjalanan nantinya. 

Pantengin terus newsletter

Tidak ingin ketinggalan informasi, maka menghubungkan email dengan situs booking online tiket kereta api wajib Anda lakukan. Jurus yang satu ini wajib memang dilakukan. Pasalnya, Anda akan mendapatkan beragam informasi terkini melalui newsletter, terlebih lagi mendekati hari – hari besar, seperti lebaran.

Bahkan lebih menariknya lagi, informasi berupa promo juga bisa Anda dapatkan dengan mudah. PT. KAI sekarang juga lebih sering mengadakan promo akan tiket – tiket kereta api. Walaupun memang harga tiket kereta api tidak pernah mengalami perubahan. Tapi kalau ada promo akan lebih menghemat biaya. Bahkan beberapa booking tiket online juga mengadakan promo menarik untuk setiap pembelian tiket kereta. Tidak ingin ketinggalan informasi, maka harus terus pantengi newsletter. 

Jangan lupa siapkan dokumen kelengkapannya

Terkadang, hal ini sering kelupaan. Sama halnya dengan membeli di loket, beli tiket kereta api sekarang butuh beberapa data penumpang yang harus disubmit. Salah satu data yang tidak boleh ketinggalan adalah kartu identitas. Jadi sebelum siap – siap booking online, pastikan sudah mempersiapkan KTP di genggaman. Jadi tak perlu lagi mencari – cari KTP lagi. 

Namun sekarang ada cara yang lebih mudah lagi. Situs resmi PT. KAI sekarang memiliki sistem sign-up. Jadi, Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan email. Setelah itu, masukan data identitas diri. Jadinya, saat nantinya mau booking tiket kereta api online bisa cukup sign-in sehingga tidak perlu memasukan data identitas diri lagi, karena sudah tersimpan dalam sistem, terkecuali kalau ada beberapa penumpang, maka penumpang lainnya yang harus dimasukan data dirinya. 

Beberapa sistem booking tiket kereta api online lainnya juga memberlakukan hal yang satu ini. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pembelian tiket kereta api dengan cepat, tak perlu ribet cari KTP lagi. 

Lakukan pembayaran elektronik

Setiap booking tiket kereta api online memiliki tenggat waktu dalam hal pembayaran. Untuk pembelian di situs resmi PT. KAI tenggat waktu yang diberikan hanya 1 ½ jam sedangkan pembelian di Traveloka sekitaran 15 menit saja. Jadi biar pesanan Anda tidak hangus karena harus pergi ke ATM dan mengantri buat bayar, bisa menggunakan sistem pembayaran dengan kartu kredit. 

Tidak hanya itu saja, pembayaran melalui mobile banking juga bisa menjadi pilihan terbaik. Jadinya tinggal memasukan nomor kartu kredit untuk melakukan pembayaran dan tak perlu lagi ribet. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan promo menarik saat melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Simpan bukti pembayaran 

Hal terakhir yang wajib dilakukan adalah menyimpan bukti pembayaran. Setelah mendapatkan konfirmasi pesanan tiket, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Usai pembayaran dilakukan, maka akan mendapatkan bukti pembayaran dengan kode booking. Simpan kode booking untuk print tiket kereta nantinya sebelum keberangkatan.

News Feed