by

Ayo Gabung Investasi Reksadana dan Dapatkan Keuntungannya

Investasi, di era yang modern seperti sekarang ini banyak sekali orang atau perusahaan yang melakukan investasi, investasi di lakukan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang, lalu investasi jenis apa yang cocok untuk para pemula? Jawaban yang pas adalah investasi reksadana, lalu apa itu reksadana dan seperti apa keuntungan berinvestasi reksadana?

Reksadana berasal dari kata reksa dan juga dana, reksa yang berarti pelindung dan dana berarti uang, dan menurut undang undang pasar modal no 8 tahun 1995 pasal 1 ayat 27,  dengan jelas mengatakan reksadana yaitu salah satu wadah yang di gunakan untuk mengumpulkan uang dari masyarakat pemodal yang selanjutnya di investasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi yang telah mendapat izin dari badan pengawas pasar modal atau Bapepam.

Reksadan memiliki dua jenis kelompok reksadana yaitu reksadana terstruktur dan juga reksadana konvensional, di Indonesia reksadana yang populer yaitu reksadana konvensional, berikut ini adalah beberapa reksadana konvensional yang ada di di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Reksadana pasar uang, reksanda ini memiliki resiko yang rendah, seperti deposito dan obligasi atau surat hutang jangka pendek.
  2. Reksadana pendapatan tetap, reksadana ini memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 sampai dengan 3 tahun, reksadana ini biasanya di investasikan pada obligasi atau produk keuangan yang keuntungannya cukup dan memiliki resiko yang minim.
  3. Reksadana saham, reksadana ini memiliki resiko paling tinggi di antara reksadana lainnya, tapi reksadana ini memiliki keuntungan paling tinggi di antara reksa dana lainnya.
  4. Reksadana campuran, reksadana ini biasanya di investasikan di berbagai jenis investasi yang resikonya rendah maupun tinggi, seperti obligasi, dan juga saham.

Selain membahas jenis-jenis reksadana yang ada di Indonesia di sini saya juga akan membahas beberapa keuntungan yang ada ketika kamu melakukan investasi reksadana, di antaranya yaitu:

  1. Mudah di kelola, kurang pengetahuan tentang masalah investasi bukanlah masalah yang besar untuk tidak melakukan investasi reksa dana, pengelola investasi ini sepenuhnya akan di kelola oleh manajer investasi profesional yang telah mendapatkan izin dari OKJ atau otoritas jasa keuangan.
  2. Biaya yang rendah, alasan biaya yang rendah ini merupakan alasan utama untuk para pemula yang ingin melakukan investasi, biayanya mulai dari 10.000 kamu sudah bisa memulai merasakan manfaat dari investasi reksadana, walau memiliki biaya yang rendah, tapi reksadana memiliki keuntungan hingga 20% dalam waktu satu tahun.
  3. Transparan, ketika kita berinvestasi reksadana kamu dapat dengan mudah melihat informasi perkembangan portofolio dan biaya secara terus menerus, kamu juga bisa memantau keuntungan dari investasi reksadana, biaya, serta resiko secara Online.
  4. Aman, ketika kamu investasi reksadana, kamu tidak perlu takut uangmu di bawa kabur oleh manajer investasi atau pihak yang tidak bertanggung jawab lainnya, karena dana investasi kamu tidak langsung di pegang oleh manajer investasi , namun dana tersebut di simpan di rekening bank khusus yang di sebut dengan bank kustodian.
  5. Berbasis Online, mayoritas investasi reksadana berbasis Online, sehingga kamu bisa melakukan investasi dan juga melihat seluruh data investasi secara Online.

Wow bisnis investasi reksadana memang sangat menguntungkan iya, ayo tunggu apa lagi gabung bersama HSBC dengan melakukan investasi reksadana dan dapatkan keuntungannya. Semoga bermanfaat.

News Feed