by

Apa Saja Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Berikut Penjelasannya

Futsal sering disebut sebagai bentuk lain dari sepak bola karena cara bermainnya tidak jauh berbeda. Tujuan dari kedua olahraga ini sama yaitu memasukkan bola ke gawang lawan untuk mencetak poin.

Namun, ada perbedaan mencolok antara kedua jenis olahraga ini. Sedangkan pengertian sepak bola adalah permainan bola yang melibatkan dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 pemain dan berlangsung selama 2 x 45 menit yang ditentukan dari selisih gol antar tim.

Banyak yang belum mengetahui perbedaan futsal dan sepak bola. Pemula wajib membaca artikel ini agar tidak salah kaprah saat memainkannya. Futsal sebenarnya merupakan cabang dari sepak bola yang sedikit berkembang dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Hal ini menjadikan futsal sebagai salah satu olahraga paling populer di tanah air.

Apa Perbedaan Futsal dan Sepak Bola?

Jumlah Pemain

Sebuah tim sepak bola membutuhkan tim yang terdiri dari 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Sedangkan untuk futsal, satu tim terdiri dari 5 pemain termasuk penjaga gawang.

Waktu Permainan

Sepak bola dan futsal sama-sama dimainkan dalam dua babak. Namun, untuk futsal satu babak berlangsung selama 20 menit dan setiap bola offplay, waktu pertandingan juga berhenti, sedangkan dalam sepak bola berlangsung selama 45 menit dalam satu babak.

Ukuran Bola

Bola yang digunakan dalam sepak bola memiliki ukuran yang lebih besar (lingkar 68-70 cm dan berat maksimum 450 gram), dibandingkan dengan bola yang digunakan dalam futsal (lingkar 63,5-66 cm dan berat maksimum 390 gram).

Penjaga gawang

Dalam permainan futsal, mengharuskan penjaga gawang untuk memulai permainan kembali dengan cara melempar bola. Sedangkan dalam sepak bola, terdapat tendangan gawang untuk memulai kembali permainan.

Bola keluar dari lapangan

Dalam peraturan permainan futsal, ketika bola keluar dari lapangan, dilakukan tendangan dari pinggir lapangan. Sedangkan dalam sepak bola seorang pemain harus melakukan lemparan ke dalam ketika bola keluar lapangan.

Wasit

Dalam sepak bola kit pertandingan terdiri dari 1 wasit utama dan 2 asisten wasit. Dalam futsal ada dua wasit utama. Dalam sepak bola, jalur wasit utama harus melintasi dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan. Untuk futsal, dua wasit akan beroperasi di sisi timur dan barat lapangan.

Akumulasi Pelanggaran

Dalam permainan futsal terdapat aturan akumulasi pelanggaran. Jika satu tim melakukan enam pelanggaran di setiap babak, maka wasit akan memberikan penalti dari poin kedua. Momen penalti dari poin kedua juga dikenal sebagai tendangan bebas langsung. Pemain harus menembak ke arah gawang dan penjaga gawang boleh maju sampai bola ditendang.

Sedangkan dalam sepak bola tidak ada batasan jumlah pelanggaran. Sehingga dalam satu pertandingan ditemukan satu tim yang melakukan puluhan atau puluhan pelanggaran.

Offside

Aturan offside hanya berlaku dalam sepak bola. Jenis pelanggaran ini terjadi ketika posisi pemain penyerang melebihi pemain bertahan terakhir. Dalam futsal tidak ada aturan offside. Sehingga posisi pemain penyerang bisa menggantung di depan.

Pergantian

Dalam futsal jumlah pergantian pemain tidak dibatasi. Pemain yang keluar juga bisa kembali ke lapangan. Momen keluar masuk juga bisa dilakukan secara bersamaan. Dalam sepak bola, jumlah pergantian pemain dibatasi.

Biasanya ada tiga pergantian pemain. Bahkan selama pandemi ini meningkat menjadi lima. Dalam sepak bola, pemain yang sudah pergi, tidak bisa masuk lagi.

Agar lebih nyaman dan percaya diri saat bermain futsal maupun sepak bola alangkah baiknya jika Anda menggunakan Jersey Printing. Jersey printing adalah jenis pakaian atau bisa disebut kostum yang dibuat dengan desain atau motif tertentu. Pakaian ini dipesan dan digunakan untuk menunjukkan keanggotaan dalam suatu komunitas atau kelompok.