by

Apa itu Revenue Stream? Kenali Fungsi dan Jenisnya

Apakah kalian tahu tentang apa itu revenue stream? Di dalam suatu business model, ada banyak sekali komponen untuk menyusun operasional dari sebuah bisnis. Revenue stream sendiri merupakan salah satu komponen rasional yang bisa menunjukkan tentang bagaimana caranya suatu bisnis bisa mendapatkan banyak sekali uang dan dari mana mereka bisa mendapatkannya. Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan kalian beberapa fungsi serta pengertian dari revenue stream yang sangat penting sekali untuk kalian ketahui.

Tentang Revenue Stream

Di dalam dunia bisnis, pengertian tentang revenue stream yaitu sumber-sumber yang sangat berkontribusi dalam hal mengisi kas dari suatu perusahaan baik yang dilakukan secara langsung lewat sebuah proses pertukaran antar jasa dan juga produk atau yang tidak langsung seperti misalnya investasi, hibah, dan juga semacamnya. Dalam bahasa Indonesia revenue stream ini disebut sebagai aliran pendapatan.

Fungsi dari Revenue Stream untuk Bisnis Kalian

Revenue stream mempunyai banyak sekali fungsi yang cukup krusial untuk sebuah bisnis. Tanpa adanya struktur revenue stream yang rapi maka nantinya suatu perusahaan akan bisa mengalami tidak seimbangan yang nantinya akan cukup berdampak pada profitabilitas. Pembahasan selengkapnya tentang fungsi dari revenue stream yaitu:

Menjelaskan Area yang Sangat Strategi Penghasil Uang

Fungsi aliran pendapatan yang pertama yaitu untuk menjelaskan tentang sumber-sumber terkuat penghasil sebuah profit untuk suatu bisnis. Dengan kalian mengetahui mana saja revenue stream yang terbaik, maka nantinya kalian akan bisa jauh lebih fokus lagi untuk memperkuat sumber tersebut. Sebaliknya jika ada revenue stream dengan sebuah platform yang bisa dibilang kurang baik, kalian dan para tim bisa untuk memutuskan menghapusnya sekaligus atau memperbaikinya.

Menunjukkan Cara Bisnis Mendapatkan Cuan atau Uang

Fungsi selanjutnya dari revenue stream yaitu untuk bisa menunjukkan cara suatu bisnis guna mendapatkan profit dan juga uang agar nantinya bisa mendanai proses dari bisnisnya. Ketika akan dicantumkan ke dalam sebuah proposal, profit revenue streaam sendiri tampak pada lini atau8 daftar produk bisnis. Meskipun demikian jika kalian ingin lebih jelas lagi profil untuk revenue streamnya, biasanya sebuah perusahaan akan membuat BMC atau yang mempunyai kepanjangan Business Model Canvas. Di dalam BMC sendiri, stakeholder atau termasuk juga seorang investor akan bisa membaca sebuah daftar revenue stream beserta dengan nominal yang nantinya akan dihasilkan.

Membantu Pengusaha untuk Melakukan Estimasi Profit dan Omset

Selian kedua hal yang ada dia atas fungsi lain dari revenue stream yaitu bisa membantu kalian sebagai seorang pengusaha untuk melakukan kegiatan perkiraan sebuah profit dan juga omset. Jika perusahaan kalian mempunyai BMC, maka kalian akan bisa melihat seberapa nominal dari hasil revenue stream yang memang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan operasional dan juga sisa dari profitnya.

Memastikan Strategi Keuangan Bisnis Realistis

Di dalam sebuah konteks akuntansi, revenue stream merupakan sesuatu yang tidak bisa untuk dilaporkan secara eksplisit. Divisi keuangan atau akuntan umumnya akan menulis sebuah revenue stream sebagai hibah, amnesti pajak, kas, dan juga lain sebagainya. Walaupun demikian, struktur dari revenue stream berperan sangat penting dalam hal menentukan sebuah strategi keuangan. Sebagai contohnya, apabila struktur dari revenue stream sebagian besarnya akan dikuasai oleh kas untuk penjualan maka nantinya divisi keuangan bisa saja memutuskan untuk mengalokasikan sebagian dari kasnya ke sebuah investasi.

News Feed