by

Aneka Olahan Pisang yang Kematangan

Apakah Anda memiliki pisang yang sudah terlalu matang di rumah dengan tekstur yang cenderung lebih lembek? Memang, pisang yang terlalu lama disimpan akan menjadi kematangan dan ending dari pisang tersebut hanya akan dibuang. Padahal, hal tersebut tentu saja mubazir.

Nah, jika Anda memiliki pisang kematangan di rumah, Anda bisa mengolahnya menjadi panganan lezat daripada hanya membuangnya. Ada aneka olahan pisang yang kematangan yang bisa Anda jadikan ide untuk memanfaatkan pisang tersebut. Simak ulasannya!

Ragam Olahan Pisang Kematangan yang Lezat

Seperti yang disinggung di awal, dibandingkan hanya berakhir dibuang dan mubazir, pisang yang kematangan bisa diolah menjadi aneka sajian yang lezat. Tentu, panganan ini bisa untuk camilan saat menikmati teh bersama keluarga.

Adapun ragam olahan pisang kematangan yang menarik untuk dibuat adalah:

1. Roti Pisang

Jika Anda sudak dengan baking dan memiliki alat untuk membuat roti, maka pisang yang kematangan bisa Anda jadikan isian untuk roti yang lezat.

Ada cukup banyak resep roti pisang sederhana yang tersebar di internet dan bisa dijadikan petunjuk untuk memasak. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa berkreasi dengan mencampur beragam bahan lainnya seperti parutan keju, kiwi, stroberi atau lainnya.

2. Pisang Panggang

Untuk sajian pisang kematangan yang cukup mudah dibuat adalah pisang panggang. Seperti namanya, apa yang perlu kamu lakukan untuk membuat olahan pisang yang satu ini adalah dengan memanggangnya. Tidak perlu oven, Anda bisa menggunakan teflon dan margarin.

Nah, untuk membuat pisang panggang ini lebih lezat, Anda bisa mencampurkannya dengan beragam bahan lainnya. Kental manis mungkin bisa dijadikan opsi yang sangat simple. Selain itu, Anda bisa pula menambahkan messes, keju, atau bahan lainnya.

3. Es Krim Pisang

Ide olahan pisang kematangan lain yang menarik untuk dibuat adalah es krim pisang. Pernah mendengar tentang olahan yang satu ini? Tentu, dengan membuat olahan pisang ini, Anda berkesempatan mencicipi es krim dengan rasa yang unik.

Proses pembuatan es krim pisang ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghancurkan pisang kematangan dengan blender lalu mencetak dan membekukan adonan di freezer. Setelah membeku, keluarkan dan tambahkan olesan cokelat cair untuk rasa yang nikmat.

4. Banana Smoothie

Jika Anda bosan dengan camilan pisang, maka Anda bisa menjadikan pisang yang kematangan di rumah menjadi smoothie yang segar dan menyehatkan. Seperti yang diketahui, smoothie sendiri merupakan minuman yang sering dikonsumsi dalam proses diet.

Untuk membuat banana smoothie, kamu bisa mencampurkan pisang kematangan dengan buah lain dan menghaluskan buah tersebut dengan blender. Tentu, tidak perlu tambahan gula karena pisang kematangan memiliki rasa yang cukup manis.

5. Bolu Pisang

Satu lagi ide olahan pisang kematangan yang menarik untuk dicoba adalah bolu pisang. Ya, panganan yang satu ini selain memiliki rasa yang nikmat dan cocok dijadikan teman untuk menikmati segelas teh atau kopi, juga cukup mudah untuk dibuat.

Anda hanya perlu menghaluskan pisang yang kematangan tersebut dan mencampurkannya dengan tepung terigu serta telur. Untuk membuat panganan ini, Anda pun tidak perlu menggunakan oven karena bolu bisa dibuat dengan cara dikukus. Lebih lengkapnya kamu bisa cek cara membuat bolu pisang yang sudah diulas oleh Tastynesia.com.

Nah, beberapa ide di atas adalah ragam olahan pisang yang kematangan dan cocok untuk Anda coba di rumah. Beragam kreasi pisang kematangan tentu akan menghindarkan Anda dari sikap mubazir karena membuang makanan. Semoga bermanfaat!

News Feed