by

Yuk Cari Tau Gejala Maag Kronis dan Komplikasi Yang Mengikutinya

Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Dimana ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan yang dipunyai. Mulai dari melakukan olahraga secara teratur, dapat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan juga menghindari stress.

Selain itu, Anda juga perlu untuk waspada akan gejala-gejala yang dirasakan oleh tubuh. Karena apabila mengalami gangguan kesehatan biasanya tubuh akan menunjukkan gejala sehingga dapat untuk ditangani dengan baik. Apabila aware terhadap gejala tersebut maka akan dapat untuk dapat mencegah penyakit yang lebih parah, terutama komplikasi penyakit yang lebih parah dan bahkan juga mematikan.

Oleh karena itulah pastikan Anda untuk mewaspadai berbagai gejala penyakit yang dirasakan. Agar dapat untuk mencegah penyakit yang lebih parah dialami dan dapat mengganggu kesehatan. Hal ini juga termasuk bagi Anda yang mengalami maag kronis.

Dimana maag kronis dan maag akut mempunyai gejala yang akan berbeda dan juga akan mempunyai efek yang juga tidak sama. Dimana untuk maag akut akan mempunyai gejala yang sifatnya sementara. Sedangkan untuk maag kronis akan mempunyai gejala yang berulang dan juga dalam jangka panjang.

Maag kronis merupakan penyakit yang juga disebut sebagai gastritis kronis. Penyakit ini adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi di dinding lambung. penyakit ini dapat muncul perlahan dan akan bisa bertahan lama hingga bertahun-tahun. Tanda-tanda sakit maag kronis ini dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti berikut ini:

  1. Pertama adalah kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri helicobacter pylori.
  2. Penyakit ini juga dapat terjadi karena mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang. Sehingga akan menimbulkan efek samping tertentu.
  3. Penyakit ini juga disebabkan karena mengkonsumsi minuman yang beralkohol yang berlebihan.
  4. Penyakit ini juga dapat terjadi karena mengalami diabetes dan gagal ginjal.
  5. Terakhir adalah bisa mengalami penyakit maag kronis karena sistem imun yang mengalami gangguan, sehingga menyebabkan peradangan dinding lambung.

Berbagai kondisi tersebut akan bisa menyebabkan terjadinya maag kronis yang dapat bertahan dalam waktu lama. Apabila menderita penyakit ini juga akan dapat untuk menyebabkan Anda mengalami gangguan yang dirasakan dari gejala yang terjadi. Seperti beberapa tanda serta gejala maag dan asam lambung kronis seperti berikut ini:

  1. Mengalami rasa nyeri yang ada di bagian perut dan ulu hati.
  2. Bisa mengalami mual hingga muntah.
  3. Mengalami perut kembung dan juga begah. Hal ini terjadi ketika setelah makan dan terjadi di bagian perut atas.
  4. Bisa mengalami nafsu makan yang menurun sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Sehingga apabila berbagai gejala seperti di atas, Anda bisa untuk bisa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan mengenali gejalanya dari awal akan sangat membantu untuk mengurangi resiko mempunyai penyakit yang lebih berbahaya. Karena maag kronis juga dapat untuk menimbulkan beberapa penyakit komplikasi yang lebih parah dan mengganggu kesehatan. Seperti misalnya komplikasi maag kronis yang dapat terjadi adalah:

  1. Pertama apabila Anda tidak mengindahkan gejala maag kronis adalah bisa terjadi tukak lambung atau terjadinya luka yang ada di dinding lambung. Hal ini terjadi karena konsumsi NSAID jangka panjang dan infeksi helicobacter pylori.
  2. Bisa terjadi gastritis atrofi yang menyebabkan peradangan kronis pada dinding lambung.
  3. Dapat menyebabkan anemia karena kekurangan vitamin B12 yang penyerapannya terganggu.
  4. Mengalami kanker lambung yang disebabkan oleh lapisan lambung dan struktur lambung yang berubah.

News Feed