Wiralodra Bukan Pendiri Indramayu?

Sejarah17 views

Siapakah Wiralodra?

Nama Wiralodra erat kaitannya dengan sejarah Indramayu, Jawa Barat. Sosoknya sering diidentikkan sebagai pendiri kabupaten ini, bahkan diabadikan sebagai nama jalan utama dan monumen bersejarah. Namun, benarkah Wiralodra pendiri Indramayu?

Menelusuri Jejak Sejarah

Berdasarkan penelitian dan kajian mendalam oleh para sejarawan, terdapat fakta yang menunjukkan bahwa Wiralodra bukanlah pendiri Indramayu. Keberadaannya memang tercatat dalam sejarah, namun perannya lebih condong sebagai bupati pertama di bawah naungan Kesultanan Cirebon.

Pendiri Indramayu yang Sebenarnya

Menurut naskah kuno dan bukti sejarah, pendiri Indramayu sebenarnya adalah Ki Gede Aria Mandrasari, seorang bangsawan keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda. Beliaulah yang membuka wilayah Indramayu dan membangunnya menjadi sebuah perdikan (daerah otonom) di bawah Kesultanan Cirebon pada tahun 1477.

Peran Wiralodra dalam Sejarah Indramayu

Meskipun bukan pendiri, Wiralodra memainkan peran penting dalam perkembangan Indramayu. Beliau diangkat sebagai bupati pertama pada tahun 1527 oleh Sultan Cirebon, Fatahillah. Di bawah kepemimpinannya, Indramayu mengalami kemajuan pesat, terutama dalam bidang perdagangan dan pertanian.

Kontribusi Wiralodra

Wiralodra dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana dan adil. Beliau berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat Indramayu dan membangun hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan tetangga.

Kesimpulan

Meskipun bukan pendiri, Wiralodra tetaplah sosok penting dalam sejarah Indramayu. Kontribusinya dalam membangun dan mengembangkan kabupaten ini patut dikenang dan dihargai.

Sumber: Yayasan Surya Pringga Dermayu

Silahkan Donwload File Power Point Disini