by

Tips Wisata ke Yogyakarta dengan Kereta Api, Berapa Biayanya?

Selain Bandung dan Bali, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer yang berlokasi di Indonesia bagian barat. Anda pun bisa berkunjung ke salah satu daerah istimewa di Indonesia tersebut dengan berbagai macam moda transportasi, di antaranya kendaraan pribadi, pesawat terbang, bus umum, maupun kereta api.

Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda datangi ketika melakukan liburan di Kota Gudeg. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah kawasan Jalan Malioboro. Ini merupakan daerah yang memungkinkan turis untuk berbelanja batik, duduk santai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar sambil menikmati pertunjukan seni, atau memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

Jika Anda memiliki bujet cukup terbatas, tidak ada salahnya menggunakan angkutan kereta api ketika ingin berkunjung ke Yogyakarta. Pasalnya, harga tiket kereta api cenderung lebih terjangkau dan jadwal kereta api lokal juga sagat mudah di dapatkan dibandingkan bus umum, travel, atau pesawat terbang. Di samping itu, di dekat Stasiun Tugu, Yogyakarta, Anda bisa menemukan beragam penginapan murah serta objek wisata terjangkau. Namun, sebelum memutuskan berangkat ke Kota Gudeg dengan kereta api, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Rencanakan Perjalanan Anda

Bagi Anda yang ingin berwisata secara backpacker ke Yogyakarta menggunakan kereta api, sebaiknya merencanakan perjalanan terlebih dahulu, minimal sebulan sebelum hari H. Merencanakan perjalanan sejak jauh hari akan memudahkan Anda untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah. Pasalnya, harga tiket kereta api biasanya akan lebih mahal ketika Anda melakukan pemesanan dekat dengan hari keberangkatan.

Pilih Kereta yang Digunakan

Untuk Anda yang berkantong pas-pasan, memilih kereta kelas ekonomi ketika berlibur ke Yogyakarta merupakan opsi yang tepat. Pasalnya, harga tiket kereta kelas ekonomi ke Yogyakarta jauh lebih murah dibandingkan tiket kereta api kelas bisnis atau eksekutif. Saat ini pun, kereta api kelas ekonomi sudah dilengkapi fasilitas yang memadai, termasuk AC.

Jika Anda kebetulan berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, ada beberapa kereta api kelas ekonomi yang bisa digunakan

Persiapkan Barang Bawaan Anda

Hal lain yang perlu dilakukan ketika hendak melakukan perjalanan dengan kereta api adalah barang bawaan. Barang bawaan atau bagasi yang bisa dibawa setiap penumpang kereta api maksimal memiliki berat 20 kilogram. Jika barang bawaan Anda melebihi ketentuan tersebut, Anda akan dikenai denda untuk kelebihan barang bawaan.

Cari Penginapan Dekat Stasiun Yogyakarta

Sebagai kota wisata, Yogyakarta telah menyediakan beragam akomodasi yang bisa dijadikan tempat bermalam. Bahkan, kota ini bisa dikatakan sebagai surganya penginapan, mulai penginapan dengan tarif murah hingga penginapan kelas bintang lima, cottage, dan villa. Anda bisa memilih penginapan yang pas sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.