by

Skill yang Waijb di Era Digital, Punya Salah Satunya?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita udah gak bisa lepas dari yang namanya teknologi di zaman yang serba digital ini. Perkembangan teknologi yang pesat, membuka lebih banyak peluang lapangan pekerjaan karena pergeseran kebutuhan. Ada beberapa skills yang dibutuhkan untuk bisa bersaing di era transformasi digital ini, seperti Digital Marketing, Content Creator, Coding, UI/UX Design, dan Data Science. Kamu punya salah satunya?

Digital Marketing

Sekarang ini, sebagian besar orang pasti punya akun media sosial. Dengan memiliki skill Digital Marketing, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan internet untuk memasarkan suatu produk. Secara garis besar, strategi yang biasa dipakai dalam Digital Marketing adalah keterampilan menggunakan media sosial dan menulis untuk memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) agar produk yang kamu promosikan lebih mudah ditemukan. Jangan lupa untuk menentukan target pasar yang lebih sesuai, menentukan budget yang pas, dan menjaga reputasi brand dalam menerapkan strategi Digital Marketing yang kamu siapkan.

Content Creator

Masih dalam lingkup media sosial, Content Creator juga jadi salah satu skill yang wajib dimiliki di era digital. Untuk menciptakan sebuah konten yang bisa dinikmati dan disukai banyak orang, kamu harus punya kreativitas untuk mengembangkan ide, kemampuan foto atau video, dan kemampuan menulis. Lebih bagus lagi kalau kamu punya kemampuan desain atau editing, riset terhadap tren yang sedang disukai banyak orang, dan memahami bagaimana algoritma media sosial bekerja..

Coding

Coding identik dengan profesional di bidang teknologi. Tapi, karena berubahnya kebutuhan, bidang usaha lainnya juga membutuhkan ahli Coding untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Coding sangat berguna dan bisa membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan, seperti digital marketing hingga quality control terhadap suatu produk. Ada pun kemampuan dasar yang harus dikuasai seorang ahli Coding meliputi Java, SQL, Phyton, Ruby, dan bahasa pemprograman lainnya.

UI/UX Design

Demi memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, UI/UX Designer sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. UI/UX Designer bertanggung jawab dalam melakukan riset, analisis, merancang, prototype, hingga membuat tampilan produk yang berfungsi dan memiliki tampilan menarik. UI (User Interface) dan UX (User Experience) Design harus dilakukan bersamaan karena saling bergantung pada satu sama lain. Jadi kalau kamu tertarik belajar UI/UX Design, kamu akan membutuhkan kemampuan dasar tools seperti Figma, Adobe Illustratror, Adobe Photoshop, lainnya sebagai hard skill dan kecakapan dalam berempati terhadap masalah pengguna sebagai soft skill.

Data Science

Dengan memanfaatkan berbagai algoritma, skill Data Science sangat dibutuhkan perusahaan demi menemukan peluang yang baik berdasarkan informasi dari data yang dimiliki. Seorang Data Scientist akan menciptakan algoritma dalam program komputer sehingga memudahkan pengolahan data. Kamu membutuhkan kemampuan pemprograman, statistika, machine learning, kalkulus & aljabar, pemetaan data, komunikasi dan visualisasi data, software engineering, dan intuisi untuk menjadi Data Scientist.

Itu baru sedikit dari banyak skill lainnya yang wajib dimiliki di era teknologi. Gak harus menguasai semuanya kok. Kamu bisa fokus pada salah satu skill yang menurut kamu paling cocok dan mulai mengembangkannya. Mau mulai dari belajar UI/UX boleh, mau belajar jadi seorang Content Creator juga boleh. Atau mungkin kamu lebih tertarik jadi Data Scientist? Jadi, mau belajar yang mana dulu nih?