by

Selain Manis dan Segar, Inilah 5 Manfaat Buah Semangka

Siapa bilang semangka hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan? Buah yang satu ini juga memiliki beragam manfaat loh! Soalnya, selain lezat semangka juga kerap dinikmati ketika musim panas. Tentu saja, ada banyak manfaat dari semangka yang bisa dirasakan oleh banyak kalangan. Nah, ada bermacam-macam cara yang dapat kita lakukan untuk menyantap semangka, misalnya saja seperti mengonsumsinya secara langsung dengan cara dipotong-potong. Biasanya, hal ini dilakukan setelah kita selesai menyantap menu makanan utama kita. Jadi, semangka yang kita nikmati merupakan makanan pencuci mulut.

Nah, di dalam satu cangkir potongan buah semangka, ada 46 kalori serta kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Tentu saja, terdapat juga nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Jadi, apa saja manfaat semangka? Lima penjelasan berikut ini bisa menjadi gambaran untuk kamu mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi semangka!

1. Menurunkan peradangan maupun inflamasi dan stres oksidatif

Sebagai salah satu pilihan kudapan yang menyehatkan, semangka juga berperan untuk menurunkan munculnya radang maupun stres oksidatif. Karena seperti yang kita tahu, peradangan menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan munculnya bermacam-macam penyakit kronis. Melalui konsumsi semangka, seseorang dapat mengurangi dua kondisi, yakni radang dan stress oksidatif karena semangka memiliki kandungan anti inflamasi lycopene maupun vitamin.

2. Meredakan rasa nyeri pada otot

Semangka juga ternyata bermanfaat untuk kita yang sedang merasakan nyeri pada otot. Nah, rasa nyeri ini sendiri pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti melakukan olahraga secara intens. Nyeri pada otot untungnya tetap bisa kita atasi berkat adanya kandungan sitrulin maupun asam amino yang ada pada semangka. Sementara itu, citrulline dapat juga tersedia dan dikonsumsi melalui suplemen.

3. Mencegah asma

Manfaat konsumsi buah semangka yang juga baik untuk kesehatan adalah kemampuan untuk mencegah asma. Adanya kandungan likopen ternyata memiliki manfaat untuk berperan sebagai antioksidan yang akan mengurangi reaksi tubuh saat mengalami flu. Selain itu, antioksidan ini juga bekerja untuk meminimalisir gejala asma yang muncul pada anak-anak. Melalui konsumsi semangka, para penderita asma dapat bernapas secara baik. Mereka tidak perlu repot-repot untuk panik ketika mengambil napas.

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Buah semangka juga menjaga kesehatan kulit dan rambut. Soalnya, ada kandungan vitamin C yang menjadi nutrisi penting untuk proses sintesis kolagen. Karena seperti yang kita tahu, kolagen akan membuat kulit kita menjadi kenyal. Bukan hanya itu saja, kolagen pun berperan penting untuk membuat akar rambut kita semakin kuat. Berdasarkan jurnal Molecular Nutrition & Food, kandungan likopen dan betakaroten bermanfaat untuk melindungi kita dari paparan sinar matahari.

5. Membuat gusi tetap sehat

Ternyata, konsumsi semangka juga akan berdampak baik untuk kesehatan gusi kita. Soalnya, ada kandungan vitamin C yang dimiliki semangka. Kandungan ini akan berperan untuk menjaga kesehatan kapiler maupun gusi kita. Nah, salah satu hal yang dapat terjadi pada gusi kita ialah gusi berdarah maupun gingivitis alias radang gusi. Untungnya, kedua masalah kesehatan ini bisa kita antisipasi dengan mengonsumsi semangka.

Itulah tadi kelima manfaat dari konsumsi semangka yang baik untuk menunjang kesehatan kita. Jadi, sudah saatnya kita menyediakan potongan buah semangka sebagai kudapan maupun makanan pencuci mulut. Apalagi, buah yang satu ini bisa kita dapatkan secara mudah melalui TaniHub, sebuah tempat belanja buah dan sayur online yang terbaik.

News Feed