by

Rambut Ketombean? Ini Penyebab dan Solusinya

Salah satu masalah di kulit kepala yang sering menimpa baik lelaki maupun wanita adalah ketombe. Selain membuat gatal, bahkan sampai perih di kulit kepala, ketombe juga kadang merusak penampilan Anda. Apalagi, bila Anda berpakaian warna gelap.

Namun, perlu diketahui bahwa pria yang berketombe itu lebih besar kemungkinannya ketimbang wanita. Penyebabnya adalah, kulit kepala pria masih lebih berminyak. Sedangkan produksi minyak berlebih inilah yang menjadi penyebab tumbuh jamur bernama Malassezia. Jamur ini sebenarnya tidak berbahaya, tapi sayangnya merupakan salah satu penyebab ketombe.

Kulit kepala yang tidak sehat juga menjadi hal penyebab terjadinya ketombe yang paling sering terjadi. Sebagaimana tubuh, kulit kepala mestinya memiliki sistem imun sendiri terhadap masalah yang bisa menimpanya, seperti jamur tadi. Namun, bila kulit kepala kurang sehat, maka ketombe bisa menjadi masalah yang bisa menyerang kulit kepala Anda.

Apakah Anda juga berketombe? Maka Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengusir ketombe di kepala Anda.

Pertama, Anda harus mengembalikan kesehatan kulit kepala Anda. Tentunya, Anda bisa memberikan nutrisi pada kulit kepala, baik dari luar maupun dari dalam. Dari luar, bisa dilakukan dengan menggunakan minyak rambut yang menyehatkan kulit kepala. Minyak rambut yang dimaksud mesti memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kulit kepala.

Sedangkan dari dalam, adalah dengan mengonsumsi buah, sayur dan nutrisi lainnya. Tentunya, sebagai salah satu bagian dari tubuh Anda, maka kulit kepala juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk tetap sehat.

Penting juga jangan sampai Anda kurang minum air putih. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ada banyak kaitan antara dehidrasi dengan timbulnya ketombe, loh. Jadi, jangan anggap enteng kekurangan air putih, maka menjadikan Anda banyak terkena masalah.

Kedua, ini cukup penting, pastikan produk yang digunakan di rambut Anda adalah produk yang tepat. Terkadang, ketombe hadir karena produk yang Anda gunakan di rambut adalah produk yang tidak berkualitas. Mulai dari sampo, Anda bisa memilih sampo anti ketombe yang terbaik dan teruji kualitasnya. Sedangkan produk selanjutnya, seperti gel, pomade, minyak rambut, hair spray dan sebagainya, juga mesti dibersihkan setelah dipakai.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah clay. Karena, berbeda dengan minyak rambut, gel atau pomade, clay ini lebih mudah dibersihkan, juga lebih mudah untuk menata rambut. Produk clay yang bisa, Anda pertimbangkan untuk menggunakan clay dari Thoug Clay. Sebab, clay ini mudah dibersihkan, bahkan dengan air saja. Jadinya. tidak tertinggal di kepala apalagi sampai menyumbat pori-pori rambut.

Anda bisa mencoba produk tersebut dengan melakukan pembelian di situs pelurusrambut.com. Untuk tips gaya rambut dan menjaga kesehatan rambut, Anda bisa melihat di akun Instagramnya, @indohaircut.

News Feed