by

Kenali Cara Agar Kamu Lolos SBMPTN

Diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit menjadi suatu cita-cita dan kebanggaan bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Di samping biaya yang relatif lebih murah dibanding dengan perguruan tinggi swasta (PTS), juga masalah akreditasi suatu program studi di PTN dianggap lebih baik.

Untuk dapat diterima di PTN ada tiga jalur yang dapat ditempuh. Meliputi SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri. SNMPTN adalah jalur masuk di PTN tanpa tes, yaitu seleksi berdasarkan nilai rapor sewaktu di SMA.

SBMPTN adalah salah satu jalur favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Sebab, SBMPTN mempunyai kuota yang paling besar dibanding dengan dua jalur lain. Selain itu, masalah biaya kuliah juga lebih ringan. Meskipun jalur SBMPTN mempunyai jumlah kuota terbesar, tapi untuk lolos juga tidak mudah. Data panitia SBMPTN tahun 2018 menunjukkan bahwa angka kelulusan SBMPTN adalah 19,28 persen. Sehingga untuk bisa lolos membutuhkan kerja keras dan strategi yang tepat untuk meraihnya.

Banyak hal yang menyebabkan peserta tidak lolos. Misalnya, kurangnya persiapan dalam menghadapi ujian SBMPTN, Kurang informasi mengenai tingkat keketatan persaingan dan juga persyaratan tertentu, Kurang informasi mengenai tingkat keketatan persaingan dan juga persyaratan tertentu, dan masih banyak hal lainnya. Oleh sebab itu, berikut tips yang bisa digunakan untuk lolos SBMPTN.

Tetapkan Motivasi

Motivasi dirimu sendiri agar Kamu bisa mengeluarkan kemampuan terbaikmu dalam mengikuti SBMPTN. Jika Kamu merasa lelah, Kamu bisa kembali mengingat motivasimu sehingga Kamu bisa kembali bersemangat.

Buat Jadwal Belajar

Buatlah jadwal belajar untuk dirimu sendiri. Tentukan kapan saja Kamu harus belajar dengan efektif. Ikuti jadwal belajar yang sudah Kamu buat dengan disiplin.

Belajar Berkelompok

Jika Kamu kesulitan belajar sendiri, Kamu bisa belajar secara berkelompok. Buatlah kelompok belajar bersama teman-temanmu agar kalian bisa saling membantu

Fokus Latihan Soal SBMPTN

Supaya bisa lolos Kamu harus banyak-banyak berlatih mengerjakan soal SBMPTN. Kumpulkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya dan gunakan untuk berlatih.

Banyak media-media yang menawarkan try out soal SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelosan peserta melalui beberapa kali try out.

Tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk cari soal-soal SBMPTN sebelumnya dan pelajari dengan seksama. Soal-soal SBMPTN itu dari tahun ke tahun polanya tidak jauh beda makanya jika kamu sering atau akrab dengan soal maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya. Pelajari soal dari yang termudah kemudian naik ke level menengah sampai level sulit. Pastikan kamu menguasai dulu soal bertipe mudah, jika sudah beres baru lanjut ke level selanjutnya.

Salah satu tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari dan berlatih soal SBMPTN adalah bimbel online RuangGuru. Di RuangGuru kamu bisa mendapatkan puluhan ribu contoh soal hanya dengan mendownload lewat handphone atau laptop kamu.

News Feed