Peranan Organisasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial

Gaya Hidup30 views

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, organisasi masyarakat memegang peranan yang sangat penting untuk terciptanya pemerataan kesejahteraan. Ada banyak organisasi yang lebih menyentuh masyarakat level bawah dibandingkan lembaga pemerintahan itu sendiri. Padahal banyak orang yang membutuhkan perhatian sosial ada di kalangan bawah. Organisasi bisa terjun langsung ke lapangan dan bertemu banyak orang. Organisasi juga memiliki banyak anggota dari berbagai kalangan sehingga dapat lebih cepat menuju sasaran dimanapun dan kapanpun dibandingkan dengan lembaga pemerintahan.

Dalam kehidupan, kita mengenal ada banyak sekali organisasi yang berperan secara aktif di bidang sosial. Mereka melakukan banyak hal, diantaranya:

  • membentuk organisasi kemasyarakatan,
  • mencari donatur,
  • mengumpulkan donasi,
  • mengelola dana donasi,
  • menyalurkan donasi,
  • membuat atau mengadakan barang untuk keperluan sosial donasi,
  • memelihara hubungan baik dengan donatur,
  • dll.

Salah satu organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan adalah Wahana Visi Indonesia atau WVI. WVI sudah memiliki banyak program dan melaksanakannya secara berkesinambungan untuk membantu mereka yang membutuhkan di Indonesia. WVI bergerak di bidang pemberdayaan wanita dan pendidikan anak namun juga memperhatikan kesejahteraan secara umum khususnya untuk masyarakat di pedalaman Indonesia.

Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan, WVI juga menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan donatur maupun calon donatur. Salah satunya adalah dengan lembaga pemerintahan. Lembaga pemerintah dapat menjadi donatur untuk sebuah program tertentu yang sesuai dengan rencana kemanusiaan atau infrastruktur. WVI dalam hal ini akan menjadi lembaga yang menangani program swakelola dimana pemerintah berfungsi sebagai penyedia dana dan WVI sebagai pelaksana di lapangan. Banyaknya stake holder yang dimiliki oleh WVI di berbagai wilayah Indonesia khususnya di daerah terpencil membuat WVI bisa menyalurkan donasi dengan lebih tepat sasaran. Bukan hanya pemerintah yang bisa memberi donasi kepada WVI. Anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan khususnya untuk kesejahteraan masyarakat di pedalaman maupun untuk pendidikan anak. Anda bisa mengunjungi situs resmi Wahana Visi Indonesia dan memilih program yang diinginkan. Setelah itu langsung saja melakukan pendaftaran untuk menjadi donatur. Semudah itu berbagi kebaikan untuk saudara yang membutuhkan bersama WVI.