Panduan Lengkap Social Media Marketing yang Harus Kamu Ketahui

Bisnis48 views

Social media marketing sudah bukan hal asing bagi sebagian Anda. Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah.

Namun, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda menggunakan satu platform saja dan ternyata belum mendapatkan hasil maksimal?

Nah, di artikel berikut, kami akan mengajak Anda untuk belajar social media marketing dengan berbagai platform yang berbeda.

Mari mulai dengan pengertian socialmediamarketer dulu.

Apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah sebuah strategi marketing dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diupload melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan iklan berbayar.

Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya. 

Karena platform media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini. 

Oh ya, sebelum masuk ke berbagai strategi social media marketing, ada baiknya Anda melakukan riset untuk mendukung upaya Anda dan belajar social media marketing terlebih dahulu.

Manfaat Social Media Marketing

Berikut beberapa manfaat social media marketing bagi bisnis—baik besar maupun kecil:

1. Hemat Biaya

Manfaat media social marketing yang pertama adalah Anda tak harus merogoh kantong terlalu dalam untuk melakukan social media marketing, lho. Bahkan, Anda bisa sepenuhnya menjalankannya tanpa biaya sepeserpun. Tak percaya?

Anda bisa membuat akun media sosial gratis, posting gambar atau video gratis, hingga membuat grup gratis. Pengeluaran hanya diperlukan apabila Anda membeli iklan berbayar di media sosial tersebut atau membeli tools pendukung.

2. Efektif dan Efisien

Dibanding pemasaran secara offline seperti pada spanduk atau baliho, social media marketing bisa lebih efektif menjangkau konsumen Anda. Kenapa? Sebab, Anda bisa mengatur target iklan dengan sangat mendalam.

Anda bisa mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Alhasil, pemasaran Anda akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, jika Anda menerapkan social media marketing dengan baik, ada 160 juta orang yang berpotensi mengenal bisnis Anda melalui media sosial. Wow!

Apalagi, jika Anda berhasil membuat post menarik yang viral di kalangan netizen. Bisa dipastikan bahwa brand Anda akan dikenal banyak orang dengan lebih cepat.

4. Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Media sosial bisa digunakan oleh siapapun dan dimanapun mereka berada. Dengan kata lain, target konsumen tidak terbatas di tempat Anda tinggal. Namun, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, hingga ke luar negeri sekalipun.

Asal, Anda memang menerapkan social media marketing dengan baik. Misalnya, menggunakan hashtag yang tepat, sehingga semua orang bisa mencari bisnis Anda dengan mudah.

5. Komunikasi yang Lebih Mudah ke Konsumen

Komunikasi yang baik adalah hal krusial dalam setiap hubungan. Termasuk hubungan antara bisnis dengan konsumennya. Nah, melalui social media marketing Anda bisa melakukan komunikasi dua arah dengan mudah ke konsumen.

Konsumen bisa mengirimkan private message, meninggalkan komentar, atau melakukan mention brand Anda. Hebatnya, Anda akan langsung mendapatkan pemberitahuan tentang hal tersebut dan bisa segera meresponnya. 

Manakah Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Anda?

Cukup banyak strategi social media marketing yang bisa Anda gunakan. Sebagai langkah awal, pastikan Anda sudah mengenali target audience Anda dengan baik.

Beberapa platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara gratis maupun berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda.

Jika sudah menentukan pilihan, segera lakukan upaya social media marketing Anda dengan lebih optimal. Semoga sukses selalu!